STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT INFAK SEDEKAH DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN FAKIR MISKIN (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Blitar)

MEGA PUTRI UTAMI, 12404193056 (2023) STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT INFAK SEDEKAH DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN FAKIR MISKIN (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengelolaan Zakat Infak Sedekah dalam Peningkatan Kesejahteraan Fakir Miskin (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Blitar)” ini ditulis oleh Mega Putri Utami (NIM. 12404193056), Jurusan Bisnis dan Manajemen, Program Studi Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh jumlah fakir miskin dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga diperlukan pengelolaan ZIS yang efektif dan efisien untuk mencapai sasaran dan tujuan dari BAZNAS Kota Blitar dalam meningkatkan kesejahteraan fakir miskin. Sehingga fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, pengoordinasian, pengumpulan, pendistribusian, pendayagunaan, kendala dan solusi pengelolaan zakat infak dan sedekah pada BAZNAS Kota Blitar dalam peningkatan kesejahteraan fakir miskin. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, pengoordinasian, pengumpulan, pendistribusian, pendayagunaan, kendala dan solusi pengelolaan zakat, infak dan sedekah pada BAZNAS Kota Blitar dalam peningkatan kesejahteraan fakir miskin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian yaitu di lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Blitar. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data terdiri dari kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Tahap penelitian ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap pelaporan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses perencanaan pada BAZNAS Kota Blitar adalah dilakukannya rapat akhir tahun; Pengumpulan zakat melalui keterlibatan UPZ yang ada di setiap instansi atau dinas pemerintah; Pelaksanaan BAZNAS Kota Blitar memiliki lima program; Pengoordinasian antar pengurus BAZNAS Kota Blitar terjalin secara gotong royong dan saling membantu. BAZNAS Kota Blitar bekerjasama dengan instansi pemerintah dan dinas-dinas yang ada di Kota Blitar terkait pengelolaan zakat; Pelaksanaan BAZNAS Kota Blitar memiliki lima program; Pendistribusian di BAZNAS Kota Blitar terdiri dari beberapa tahapan yakni: pengajuan bantuan oleh mustahik, peninjauan program, survey, laporan, rapat antara wakil pendistribusian dan pendayagunaan, dan pencairan dana; Pendayagunaan zakat, infak dan sedekah BAZNAS Kota Blitar dapat memberikan hal positif meskipun tidak signifikan karena keterbatasan modal yang diberikan oleh BAZNAS Kota Blitar dan kemampuan mustahik dalam mengelola dana. Kata Kunci: Strategi Pengelolaan, Kesejahteraan Fakir Miskin, Badan Amil Zakat Nasional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Infaq
Agama > Shodaqoh
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404193056 MEGA PUTRI UTAMI
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:24
Last Modified: 11 Dec 2023 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42400

Actions (login required)

View Item View Item