PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTsN 1 BLITAR

ULFA CHOIRUN NADA, 17209163016 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (880kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Ulfa Choirun Nada, NIM. 17209163016, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial Permasalahan yang melingkupi pembelajaran IPS yaitu terletak pada model pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered), dimana pembelajaran ini lebih mengutamakan penguasaan materi. Seperti proses pembelajaran di MTsN 1 Blitar yang tidak jauh berbeda dengan pembelajaran di sekolah lain. Masih ada yang menggunakan metode ceramah sehingga hanya menciptakan komunikasi satu arah. Proses penyampaian materi dari guru kepada siswa seperti inilah yang membuat aktivitas siswa menjadi lebih bosan. Upaya untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui hasil belajar IPS antara yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan menggunakan model konvensional pada peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Blitar. 2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Blitar. 3) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Blitar. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu, teknik sampling nonprobability jenis purposive, dan instrument yang digunakan tes, observasi dan dokumentasi. Populasinya seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Blitar. Sampel penelitian masing-masing berjumlah 32 siswa, kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII- 7 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode post-test uji t-test, dan perhitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan PBL terhadap hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian adalah model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas eksperimen 86,90 dan rata-rata kelas kontrol 70,40, dengan nilai t-hitung 8,396 t-tabel 1,658, besarnya pengaruh sebesar r (effect size) = 1,72 atau 95,5% yang termasuk tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163016 ULFA CHOIRUN NADA
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:56
Last Modified: 07 Dec 2023 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42404

Actions (login required)

View Item View Item