IMPLEMENTASI SOROGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA KITAB DI MADRASAH MU’ALLIMIN HASYIM ASY’ARI JOMBANG

ACHMAD FADHOLI ABDILLAH, 12201183468 (2023) IMPLEMENTASI SOROGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA KITAB DI MADRASAH MU’ALLIMIN HASYIM ASY’ARI JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (640kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Sorogan dalam Meningkatkan Minat Baca Kitab di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari jombang” ini ditulis oleh Achmad Fadholi Abdillah, NIM. 12201183468, pembimbing Muhammad Dwi Toriyono, M. Pd. Kata kunci: Implementasi, Metode Sorogan, dan Minat Baca. Pendidikan sebagai kebutuhan dasar manusia meliputi aspek pengembangan, baik dalam sistem, detail teknis, strategi , termasuk aspek teknis. Menggingat akan pentingnya budaya membaca dengan hubungannya pada dunia pendidikan di Indonesia. Membaca sangat penting untuk pencapaian tujuan pendidikan dan merupakan unsur dasar yang harus menjadi kebiasaan sehari-hari. Sebagaimana ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB III Pasal (5). Rumusun masalah dalam penulisan skripi ini adalah (1) Bagaimana implementasi sorogan di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Jombang?. (2). Bagaimana tahapan sorogan dalam meningkatkan minat baca di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Jombang? (3) Bagaimana keunikan sorogan dalam pembelajaran di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Jombang?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode sorogan dalam diskursus pendidikan pesantran dapat meningkatkan minat baca kitab di Madrasah Mu’allimin Hasyim asy’ari Jombang. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi; observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang implementasi sorogan di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Jombang. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan, dan ketekunan pengamatan, serta triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian, bahwasannya implmentasi metode sorogan di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Jombang berdampak cukup baik dan berpengaruh terhadap peserta didik dalam peningkatan minta baca kitab. (1) sorogan diterapkan pada pukul 1530. Sampai pkul 17.00. Adapun materinya Mutammimah al-Jurumiyah, Fath al-Qorib, dan Fath al-Mu’in. Ustadz pendamping memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang sudah dipelajari dalam kelas dijam KBM pagi. (2). Tahapan sorogan dalam meningkatkan minat baca kitab dengan cara beberapa tingkatan sesuai dengan kefahaman para santri. Tahap selanjutnya, pendamping sorogan memberikan arahan kepada para santri untuk melakukan bimbingan khusus terhadap teman seniornya bagi santri yang kurang maksimal dalam membaca kitab. (3). Keunikan yaitu mengkolaborasikan sorogan dengan takhasus, guna efesiensi yang relativ lama. Dalam praktiknya semua santri harus menyimak bacaan temannya yang sudah maju terlebih dahulu dan memiliki catatan tambahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183468 ACHMAD FADHOLI ABDILLAH
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:45
Last Modified: 07 Dec 2023 08:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42419

Actions (login required)

View Item View Item