KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multi Situs di MTsN Pacitan dan MTs Ma’Arif Pacitan)

MOHAMMAD KHUSNUL HAMDANI, 12601195007 (2023) KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multi Situs di MTsN Pacitan dan MTs Ma’Arif Pacitan). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

Hamdani, Mohammad Khusnul., 12601195007, 2021. “Kecerdasan Emosional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus di MTsN Pacitan dan MTs Ma’arif Pacitan” Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan Promotor (1) Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. dan (2) Prof. Dr. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan, Emosional, Kinerja Penelitian dilatar belakangi oleh kejadian sikap kepala madrasah dalam memberikan influence kepada bawahan dengan komunikasi yang baik. Kinerja yang konsisten baik dengan peran kepemimpinan kepala madrasah dengan pendekatan emosional yang baik. Hal seperti ini memerlukan pendekatan yang baik antara guru dan kepala madrasah sehingga terbentuk kerjasama yang solid. Fokus penelitian dalam penelitian adalah (1) Bagaimana kesadaran diri kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Pacitan dan MTs Ma’Arif Pacitan? (2) Bagaimana pengelolaan diri kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Pacitan dan MTs Ma’Arif Pacitan? (3) Bagaimana empati kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Pacitan dan MTs Ma’Arif Pacitan? (4) Bagaimana kecakapan sosial kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Pacitan dan MTs Ma’Arif Pacitan? (5) Bagaimana motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTsN Pacitan dan MTs Ma’Arif Pacitan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, dependenbilitas, transferbilitas, dan kofirmabilitas. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) kesadaran diri kepala madrasah menunjukkan dengan sikap pendekatan personal yang baik, menghadapi masalah dengan tenang, dan bertanggung jawab. (2) pengelolaan diri kepala madrasah dengan sikap sabar, mengkontrol emosi, mengurangi konflik dan saling memahami. (3) empati kepala madrasah dengan sikap hubungan yang harmonis, respon yang cepat, gotong royong, memberikan solusi dan memberikan zona nyaman pada guru. (4) kecakapan sosial ditunjukkan dengan sikap komunikasi yang baik, memahami perasaan, musyawarah dalam mengambil keputusan dan interaksi yang baik. (5) motivasi kepala madrasah ditunjukkan dengan kegiatan supervisi, memotivasi dengan kata-kata lewat watshapp, apresiasi terhadap yang berprestasi, mengadakan lomba guru, dan memberikan guyonan.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12601195007 MOHAMMAD KHUSNUL HAMDANI
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:28
Last Modified: 11 Dec 2023 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42449

Actions (login required)

View Item View Item