PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI STRUKTUR ATOM KELAS X

LISA SOLEHA TUROSITA SARI, 12212193045 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI STRUKTUR ATOM KELAS X. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbantuan Lectora Inspire Pada Materi Struktur Atom Kelas X" ditulis oleh Lisa Soleha Turosita Sari, 12212193045, Pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Lectora Inspire, Struktur Atom. Struktur atom memiliki beberapa karakteristik diantaranya yaitu bersifat abstrak, membutuhkan pemahaman konsep dan membutuhkan penerapan konsep. Karakteristik inilah yang menyebabkan siswa sulit memahami konsep. Kesulitan ini timbul dikarenakan media yang digunakan guru konvensioanl yang menjadikan siswa mengantuk dan kurang tertarik belajar. Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 1 Kalidawir media yang digunakan masih gambar 2D sehingga siswa sulit membayangkan. Hal tersebut diperkuat dengan hasil wawancara guru yang menyatakan 80% siswa memperoleh hasil belajar tidak tuntas. Hal inilah yang menyebabkan diperlukan media yang mampu menyempurnakan pola pikir yaitu multimedia interaktif yang dibuat dengan lectora inspire karena dapat memvisualisasi tiga representasi. Multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan bukan hanya media pembelajaran namun berisikan pedoman proses pembelajaran scientific. Diharapkan dengan adanya multimedia pembelajaran interaktif berbantuan lectora inspire ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan multimedia interaktif berbantuan lectora inspire pada materi struktur atom kelas X, untuk mengetahui tingkat kevalidan dari validator ahli dan mengetahui respon siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif berbantuan lectoran inspire pada materi struktur atom kelas X. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau RnD dengan model penelitian 4-D yang dibatasi hanya sampai pengembangan (Development) dan diikuti dengan uji validasi serta uji coba lapangan. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian ini berbentuk web. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan angket dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Subjek uji coba lapangan adalah siswa kelas X-2 SMAN 1 Kalidawir yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi lectora inspire 19, (2) pada tahapan validasi kepada validator 1 dan 2 diperoleh skor keseluruhan validasi multimedia pembelajaran interaktif berbantuan lectora inspire pada materi struktur atom kelas X adalah 85,6% sehingga termasuk dalam sangat valid, (3) berdasarkan hasil uji respon siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif berbantuan lectora inspire pada materi struktur atom kelas X memperoleh persentase rata-rata secara keseluruhan yaitu78,09% yang termasuk kategori baik dan dapat digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193045 LISA SOLEHA TUROSITA SARI
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:39
Last Modified: 11 Dec 2023 08:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42468

Actions (login required)

View Item View Item