SINTA AYU NUR HIDAYATI, 12205193217 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI DARUL MUTA’ALLIMIN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Konteks penelitian ini adalah minimnya alokasi waktu yang digunakan untuk menyampaikan sekaligus mendalami materi pada pembelajaran tematik. Namun hal tersebut didukung oleh kebanyakan peserta didik saat ini menyukai hal-hal yang melibatkan peran peserta didik. Sehingga menarik perhatian peneliti untuk menerapkan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai implementasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pembelajaran tematik di MI Darul Muta’allimin. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray di MI Darul Muta’allimin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan guru dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pembelajaran tematik di MI Darul Muta’allimin yaitu guru memperhitungkan waktu, menyusun RPP, menyiapkan media dan bahan ajar yang sesuai dengan pembelajaran tematik yang dipelajari dan membagi kelompok berdasarkan kemampuan dan karakter siswa yaitu fase pengelompokkan. (2) Pelaksanaan guru dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pembelajaran tematik di MI Darul Muta’allimin yaitu melakukan ice breaking diawal pembelajaran, pada inti pembelajaran guru menjelaskan sekilas materi yang akan dipelajari, dilanjutkan dengan kegiatan pada fase berfikir bersama, fase bertamu, dan fase evaluasi, kemudian ditutup dengan penjelasan guru terkait materi pembelajaran. (3) Evaluasi guru dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada pembelajaran tematik di MI Darul Muta’allimin yaitu guru menilai secara langsung dengan menggunakan instrumen penilaian. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan menilai secara lisan dan tertulis, penilaian ketrampilan dinilai dari terampilnya siswa berbicara dan mengutarakan pendapatnya, penilaian sosial dinilai dari interaksi siswa didalam lingkungan sekolah, sedangkan penilaian keagamaan dilakukan dengan melihat keseharian siswa dengan menggunakan instrumen penilaian yang telah disiapkan oleh guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193217 SINTA AYU NUR HIDAYATI |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 06:24 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 06:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42487 |
Actions (login required)
View Item |