PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS SCIENTIFIC LITERACY QUIZ PADA MATERI ASAM BASA

FARIDA RIKE FEBRIYANTI, 12212193004 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS SCIENTIFIC LITERACY QUIZ PADA MATERI ASAM BASA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)

Abstract

Kendala yang dihadapi guru dan siswa pada saat kegiatan pembelajaran yakni kurang memanfaatkan fasilitas berbasis IT (Information and Technology) yang disediakan oleh sekolah, bahkan bahan ajar yang disediakan oleh sekolah hanya terbatas yang berupa buku paket cetak dan LKS. Guru belum pernah mengembangkan media audio visual berbasis scientific literacy ketika mengajar dikelas terutama dalam pembelajaran kimia. Selain itu, pemahaman aspek scientific literacy siswa selama ini juga masih rendah, dikarenakan guru jarang menerapkan aspek scientific literacy dalam pembelajaran kimia. Oleh karena itu, media pembelajaran audio visual berbasis scientific literacy quiz ini perlu disusun dengan harapan menjadi suatu inovasi bahan ajar yang praktis dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia pada materi asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran audio visual berbasis scientific literacy quiz pada materi asam basa, (2) mengetahui kevalidan media pembelajaran audio visual berbasis scientific literacy quiz pada materi asam basa, (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran audio visual berbasis scientific literacy quiz pada materi asam basa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi, tahap-tahapannya meliputi: analyze, design, dan development. Hal ini dilakukan karena terbatasnya waktu penelitian dan minimnya biaya yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, uji validasi tim ahli, dan angket. Instrumen penelitiannya berupa pedoman wawancara, angket kebutuhan, lembar validasi, dan angket respon siswa. Produk yang telah dikembangkan divalidasi oleh 1 dosen kimia dan 1 guru mata pelajaran kimia di MAN 1 Blitar. Teknik analisis data dibagi menjadi 2 yakni data kualitatif dianalisis dengan deskripsi atau narasi dan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif menggunakan skala likert. Subjek penelitian yang dalam uji coba terbatas produk yaitu siswa kelas XI MIA 1 MAN 1 Blitar yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian ini (1) media pembelajaran audio visual berbasis scientific literacy quiz pada materi asam basa yang di desain dengan menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint, Ispring Suite, Website 2 APK Builder, dan Youtube, (2) media pembelajaran audio visual berbasis scientific literacy quiz pada materi asam basa dinyatakan dengan kategori sangat valid oleh ahli materi dan ahli media. Hal ini dibuktikan oleh hasil validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 89,58% dan hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 88,88%, (3) media pembelajaran audio visual berbasis scientific literacy quiz pada materi asam basa mendapatkan respon siswa dalam kategori sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai total rata- rata persentase sebesar 84,36%. Dengan demikian, media pembelajaran audio visual berbasis scientific literacy quiz pada materi asam basa layak untuk digunakan sebagai bahan ajar kimia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Kimia > Hidrolisis
Kimia
Kimia > Larutan Elektrolit
Kimia > Larutan Non Elektrolit
Kimia > Molaritas
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193004 FARIDA RIKE FEBRIYANTI
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:16
Last Modified: 27 Dec 2023 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42488

Actions (login required)

View Item View Item