PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMAN 1 CAMPURDARAT

FIRDA ZAHROTUS SALSABILA, 12201193262 (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (182kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas XI IPS Di SMAN 1 Campurdarat“ ditulis oleh Firda Zahrotus Salsabila, NIM 12201193262, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Model Pembelejaran, Project Based Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan ketidak tepatan model pembelajaran yang digunakan pendidik pada saat proses pembelajaran berlangsung, hal ini membuat peserta didik cenderung pasif karena tidak memliki keterampilan, minimnya pengetahuan peserta didik karena kurang meng eksplor lebih luas tentang materi yang dibawakan, kurang memahami dalam menelaah pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Campurdarat. 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Campurdarat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment design. Populasi pada pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Campurdarat. Dalam pengambilan sampel digunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS-2 sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes (soal), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji instrument berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda soal, uji kesukaran soal. Uji analisis prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis yang digunakan berupa uji Independent Sample T-test dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Campurdarat. Hal ini berdasarkan perhitungan uji T nilai diperoleh thitung 4,397 > ttabel 1,996. Nilai Sig. (2 tailed) menunjukkan nilai 0,00 < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan, maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima Ho ditolak. (2) Besar pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar PAI peserta didik adalah sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji N-Gain Score menurut Malzer sebesar 0,40 atau dalam tabel kategori Malzer menunjukkan 0,3 ≤ g ≤ 0,7 yang tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193262 FIRDA ZAHROTUS SALSABILA
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:35
Last Modified: 11 Dec 2023 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42489

Actions (login required)

View Item View Item