PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE AN-NAHDLIYAH DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN

NUR HIDAYAH, 12206193056 (2023) PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE AN-NAHDLIYAH DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode An-Nahdliyah di RA Halimah Assa’diyah Buntaran” yang ditulis oleh Nur Hidayah, NIM. 12206193056, dengan dibimbing oleh Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata Kunci: Pengenalan Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini, Metode An-Nahdliyah Penelitian dalam skrips ini dilatarbelakangi dengan adanya Metode baru yang muncul. Peneliti melakukan penelitian tentang metode An-Nahdliyah khususnya pada pengenalan huruf hijaiyah di RA Halimah Assa’diyah Buntaran, yang membahas bahwa dengan penyusunan kurikulum yang memuat prota, rppm dan rpph serta menentukan jadwal pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah dan mempersiapkan materi serta media pembelajaran. Fokus penelitian dalam dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana perencanaan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini melalui metode An-Nahdliyah di RA Halimah Assa’diyah Buntaran? (2) Bagaimana pelaksanaan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini melalui metode An-Nahdliyah di RA Halimah Assa’diyah Buntaran? (3) Bagaimana hasil evaluasi pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini dengan metode An-Nahdliyah di RA Halimah Assa’diyah Buntaran? Metode penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, maksutnya itu adalah penelitian uyang berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang diamati dari subjek itu sendiri. Penelitin ini dilakukan di RA Halimah Assa’diyah di Ds. Buntaran Kec. Rejotangan Kab. Tulungagung. Merupakan daerah yang strategis karena lokasi lembaga disekitaran permukiman masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Perencanaan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini melalui metode An-Nahdliyah di RA Halimah Assa’diyah Buntaran(a)Pembuatan perencanaan pembelajaran. (b)Mempersiapkan metode pembelajaran. (c)Persiapan fisik dan mental. (d)Persiapan alat dan bahan baik dari santri maupun guru. (2)Pelaksanaan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini melalui metode An-Nahdliyah di RA Halimah Assa’diyah Buntaran. (a)Menggunakan metode An-Nahdliyah. (b) Siswa memperagakan atau muroja’ah secara klasikal. (3) Ealuasi pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini dengan metode An-Nahdliyah di RA Halimah Assa’diyah Buntaran. Evaluasi dalam mengembangkan kemampuan mengenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini adalah menberikan test setelah kegiatan pembelajaran, penilaian sesuai indikator yang ditetapkan oleh sekolah, dan ,menjaga agar mood siswa tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193056 NUR HIDAYAH
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:19
Last Modified: 11 Dec 2023 07:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42503

Actions (login required)

View Item View Item