IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DENGAN TES PILIHAN GANDA BERALASAN KELAS VIII SMPN 2 SENDANG TULUNGAGUNG

LUTHFIA NURAENI, 12211173039 (2023) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DENGAN TES PILIHAN GANDA BERALASAN KELAS VIII SMPN 2 SENDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana dengan Tes Pilihan Ganda Beralasan Kelas VIII SMPN 2 Sendang Tulungagung” ini ditulis oleh Luthfia Nuraeni dari Program Studi Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan NIM. 12211173039 dan dibimbing oleh Bapak Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata kunci: Miskonsepsi, Tes Diagnostik, Usaha, Pesawat Sederhana Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya penguatan konsep fisika bagi siswa SMP. Identifikasi miskonsepsi pada materi usaha dan pesawat sederhana dilakukan agar guru dapat melakukan perbaikan dalam pemahaman siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Tes diagnostik yang digunakan ialan tes diagnostik pilihan ganda beralasan tingkat empat yang menghasilkan kombinasi jawaban siswa dengan kategori paham konsep, tidak paham konsep, miskonsepsi, dan eror. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi dan menjabarkan miskonsepsi siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana di kelas VIII SMPN 2 Sendang Tulungagung, 2) mendeskripsikan faktor-faktor penyebab miskonsepsi siswa, dan 3) memberi solusi pada miskonsepsi yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa dan dipilih 6 siswa sebagai subjek wawancara dengan masing-masing 2 dari kategori siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes diagnostik dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sendang pada tes diagnostik mencapai total 68,7% dan pemahaman 31,3%. Miskonsepsi paling besar terjadi pada prinsip kerja roda berporos, prinsip kerja pesawat sederhana, dan prinsip kerja pesawat sederhana pada sistem gerak, 2) faktor penyebab miskonsepsi siswa diantaranya adalah tidak lengkapnya pengetahuan awal, minat terhadap pelajaran fisika yang rendah, buku teks dan sumber belajar yang kurang valid, dan konsteks pemahaman siswa tentang gaya dan usaha, 3) solusi untuk mengatasi miskonsepsi adalah metode pembelajaran konflik kognitif dan pembelajran inkuiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211173039 LUTHFIA NURAENI
Date Deposited: 05 Jan 2024 10:29
Last Modified: 05 Jan 2024 10:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42517

Actions (login required)

View Item View Item