PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SAC (SMART APPS CREATOR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTs SWASTA SE-KABUPATEN KEDIRI

NURRISHMA SYAFAATUL HUSNA, 128512203031 (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SAC (SMART APPS CREATOR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTs SWASTA SE-KABUPATEN KEDIRI. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (918kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis SAC (Smart Apps Creator) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Swasta Se-Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Nurrishma Syafaatul Husna NIM 128512203031 dengan dosen pembimbing 1 Dra.Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. dan pembimbing 2 Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Aritmatika Sosial, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep Matematis, Smart Apps Creator. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik membuat minat belajar siswa berkurang dan pemahaman konsep matematisnya cenderung rendah. Selain itu, siswa juga kesulitan memahami konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Adanya kemajuan teknologi dan kepemilikan smartphone oleh sebagian besar siswa, menuntut pengembang untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang menarik dan fleksibel digunakan kapanpun dan dimanapun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa, dan soal tes pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menghasilkan produk Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Smart Apps Creator. Materi yang digunakan yaitu aritmatika sosial pada kelas VII. Adapun pengembangan media mengikuti teori Borg & Gall. Uji coba produk dilakukan melalui 2 tahap, yaitu uji coba produk kelompok kecil kepada siswa kelas VII A dan uji coba pemakaian kelompok besar kepada siswa kelas VII B dan VII C MTs Al-Asy’ari Wates d kelas VII F dan VII G MTs Al-Hidayah Ngancar. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) Penelitian ini menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator dengan materi aritmatika sosial kelas VII; (2) Media ini valid dengan taraf kevalidan dari ahli media 91,87%, ahli materi 88,75% dan validasi soal post test 84,5%; (3) Media ini praktis dengan dibuktikan, keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran Smart Apps Creator pada setiap pertemuan dan mendapatkan respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil angket observasi guru diperoleh skor rata-rata 85,48%, hasil angket respon siswa di MTs Al-Hidayah Ngancar adalah 84,61% dan respon siswa di MTs Al-Asy’ari Wates adalah 88,07% dan masuk dalam kategori respon positif; (4) Media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator ini efektif karena terbukti dapat meingkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Swasta di Kediri. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil post test kelas eksperimen MTs Al-Hidayah Ngancar sebesar 85,00, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 76,15. Nilai rata-rata kelas eksperimen MTs Al-Asy’ari Wates sebesar 82,12 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 72,21. Dengan demikian pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Aritmatika
Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: Nurrishma Husna
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:53
Last Modified: 11 Dec 2023 08:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42518

Actions (login required)

View Item View Item