MEYLDA MAULIDDIAN NAVISHAH, 12211193059 (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA KELAS VIII DITINJAU BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DI MTS PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (615kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (566kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (486kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (462kB) | Preview |
Abstract
Berhasilnya suatu pembelajaran bisa dilihat dari cara guru berinteraksi dengan siswa dapat terjadi timbal balik dan saling mempengaruhi antar keduanya. Latar belakang dalam penelitian ini diakibatkan oleh perlunya keberhasilan pendidikan dengan tercapainya mutu dan juga tujuan pendidikan. Adapun hal ini dapat dicapai dengan berdasarkan tingginya dan juga tercapainya setiap kompetensi mata pelajaran siswa dengan nilai hasil belajar siswa sebagai acuannya. Semakin majunya zaman pastinya semakin banyak pula mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa, hal ini pastinya memberikan tantangan kepada guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara dan metode yang bermacam-macam pula. Diharapkan dengan banyaknya variasi dalam pembelajaran ini dapat memberikan hasil belajar siswa yang terbaik dan memuaskan tentunya. Akan tetapi pada kenyataannya tidak sedikit juga siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan soal dalam mata pelajaran yang bersifat matematis didalamnya khususnya pada mata pelajaran IPA dengan materi Fisika pada materi getaran dan gelombang. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kesulitan siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah pada materi Getaran dan Gelombang ditinjau berdasarkan tahapan Polya di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana faktor penyebab kesulitan siswa dalam memecahkan masalah pada materi Getaran dan Gelombang ditinjau berdasarkan tahapan Polya di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? 3) Bagaimana upaya pendidik mengatasi kesulitan siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah pada materi Getaran dan Gelombang ditinjau berdasarkan tahapan Polya di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kesulitan, faktor penyebab dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah berdasarkan tahapan Polya di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara trianggulasi. Analisis data yang digunakan data ialah Design Miles and Huberman yang dimana aktifitas analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus hingga data terkumpul penuh. Langkah–langkah dalam analisis data menggunakan Koleksi Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan : Penggambaran/Verifikasi Data. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas berupa triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian di MTs PSM Tanen Rejotangan diantaranya: (1) jenis kesulitan memecahkan masalah siswa adalah kurang memahami konsep soal, kesulitan dalam menentukan rumus dalam mengerjakan soal, kesulitan dalam mengerjakan jawaban yang berkelanjutan untuk menemukan hasil akhir dari soal, sering lalai dengan tidak memeriksa kembali hasil akhir. (2) faktor yang menjadi penyebab kesulitan siswa ada dua yaitu faktor internal dan aktor eksternal. Adapun faktor internal antara lain minat, kecerdasan/kepintaran, kepercayaan diri, kondisi fisik. Sedangkan faktor eksternal adalah penyebab kesulitan siswa dalam memecahkan masalah dari luar diri siswa diantaranya bahan belajar terbatas, kondisi sarana dan prasarana kurang memadai, metode ajar dari guru kurang menarik minat/motivasi siswa. (3) Upaya yang dilakukan guru antara lain memberikan motivasi, menjelaskan materi dengan demonstrasi, eksperimen, guru mengajak siswa belajar berkelompok, memberikan pekerjaan rumah, membahas pekerjaan rumah bersama, dan guru menguasai materi sehingga dapat menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami siswa. Guru juga menggunakan/menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dengan “melibatkan siswa aktif didalamnya”, menambah buku pelajaran atau bahan ajar pendukung pembelajaran, memberikan apresiasi atau reward kepada siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193059 MEYLDA MAULIDDIAN NAVISHAH |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 03:19 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42535 |
Actions (login required)
View Item |