AKSESIBILITAS ANAK PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Kasus di Kabupaten Trenggalek)

NADYA ANANTASYA, 12103183124 (2023) AKSESIBILITAS ANAK PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF (Studi Kasus di Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Aksesibilitas Anak Penyandang Disabilitas Terhadap Pendidikan Inklusif di Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Nadya Anantasya, NIM 12103183124, Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2023, dibimbing oleh Ahmad Gelora Mahardika, M.H. Kata Kunci: Aksesibilitas, penyandang disabilitas, pendidikan inklusif Upaya pemerataan pendidikan oleh pemerintah Kabupaten Trenggalek terlebih kepada anak penyandang disabilitas yang masih belum maksimal.Anak penyandang disabilitas di beberapa daerah di Kabupaten Trenggalek tidak bisa menikmati fasilitas yang seharusnya mereka pakai dan tidak me impeiro ileih peindidikan yang layak de ingan beirbagai alasan seipeirti keiteirbatasan guru peimbimbing khusus, keiteirbatasan guru peingajar khusus, dan sarana prasarana.Alasan teirseibut meinjadi pro ibleim keiteirbatasan meireika meindapatkan peindidikan yang layak. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam pemenuhan Hak pendidikan bagi penyandang disabilitas? 2) Bagaimana penyediaan akses dan fasilitas pendidikan bagi penyandang disabilitas oleh pemerintah Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui peran pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam pemenuhan Hak pendidikan bagi penyandang disabilitas. 2) mengetahui penyediaan akses dan fasilitas pendidikan bagi penyandang disabilitas oleh pemerintah Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif.Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi. Aksesibilitas anak penyandang disabilitas terhadap pendidikan inklusif di Kabupaten Trenggalek dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, yaitu upaya promotif, upaya meningkatkan kompetensi kepada guru SD, upaya dalam pemenuhan fasilitas penyandang disabilitas terhadap sekolah-sekolah umum, upaya pemerintah dalam menyediakan program pembelajaraan, upaya kesehatan yang komprehensif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183124 NADYA ANANTASYA
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:49
Last Modified: 14 Dec 2023 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42557

Actions (login required)

View Item View Item