PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD DI TK SD SATU ATAP NEGERI JEPUN 1 TULUNGAGUNG

MAULIDA ILAINA RAHMA, 12206193045 (2023) PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD DI TK SD SATU ATAP NEGERI JEPUN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (843kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (710kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Flash Card Di Tk Sd Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung” ditulis oleh Maulida Ilaina Rahma, NIM. 12206193045. Pembimbing: Machrup Eko Cahyono, M.Pd.I. Kata Kunci: anak usia dini, huruf hijaiyah, flashcard Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini jika diajarkan melalui metode pembelajaran konvensional. Media flashcard dirasa lebih efektif untuk mempermudah peserta didik dalam mengenal dan menghafal huruf hijaiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media flash card di TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung? 2) Bagaimana problematika pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media flash card di TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung? 3) Bagaimana solusi pengajar dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun menggunakan media flash card di TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan implementasi, problematika dan solusi dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun melalui media flash card di TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 4-5 Tahun menggunakan Media Flashcard di TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung memiliki dua cara yaitu dengan permainan dan tebak-tebakan. Guru menggunakan buku penunjang (iqra’) untuk membaca dan buku menulis untuk mengenal dan mempraktekkan menulis huruf hijaiyah. 2) Problematika Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 4-5 Tahun menggunakan Media Flashcard di TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung diantaranya adalah kondisi siswa yang tidak dapat menerima pembelajaran dengan baik ditandai dengan ramai sendiri dan mengganggu teman, selain itu orangtua juga ikut bertanggungjawab dalam mengenalkan huruf hijaiyah. 3) Solusi Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 4-5 Tahun menggunakan Media Flashcard di TK SD Satu Atap Negeri Jepun 1 Tulungagung dinilai lebih maksimal daripada menggunakan metode konvensional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193045 MAULIDA ILAINA RAHMA
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:00
Last Modified: 14 Dec 2023 06:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42564

Actions (login required)

View Item View Item