AVITA NUR KHAMIDAH, 12201193268 (2023) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IQRO’ DI TPQ AL-HASANAH KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (514kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (567kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Problematika Pembelajaran Iqro’ di TPQ Al-Hasanah Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk” ini ditulis oleh Avita Nur Khamidah, NIM. 12201193268, Pembimbing Skripsi: Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A, NIP. 197201151999032002 Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran Iqro’ Taman pendidikan Al-Qur’an merupakan lembaga pendidikan informal yang menjadi tumpuan orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an bagi anak-anak. Sebagaimana pendidikan formal yang dikelola dengan sangat baik dan sesuai standar, TPQ pun harus demikian untuk menjamin kualitas input yang diberikan akan sebanding dengan baiknya output yang dihasilkan. Salah satu hal yang seringkali disepelekan dalam pengelolaan TPQ adalah pada proses pembelajaran yang dilaksanakan tanpa memperhatikan aspek-aspek yang dapat mempengaruhi minat dan daya tarik anak untuk belajar. Permasalahan yang dapat digali adalah problematika pembelajaran iqro’ di TPQ Al-Hasanah Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Fokus pada penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana bentuk problematika pembelajaran iqro’ di TPQ Al-Hasanah Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, (2) Apa saja faktor penyebab munculnya problematika pembelajaran iqro’ di TPQ Al-Hasanah Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, (3) Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi problematika pembelajaran iqro’ di TPQ Al-Hasanah Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang mengambil latar belakang di TPQ Al-Hasanah, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk problematika pembelajaran iqro’ antara lain: metode monoton, penggunaan strategi yang kurang tepat, sarana dan prasarana kurang menunjang, dan tidak ada inovasi pembelajaran ke ranah teknologi (2) faktor penyebab munculnya problematika pembelajaran iqro’ dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu intern dan ekstern (3) kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi problematika yaitu berasal dari faktor internal dan eksternal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Al Quran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193268 AVITA NUR KHAMIDAH |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 02:39 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 02:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42587 |
Actions (login required)
View Item |