PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IQRO’ DI TPQ AL-HASANAH KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK

AVITA NUR KHAMIDAH, 12201193268 (2023) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IQRO’ DI TPQ AL-HASANAH KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (514kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (675kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Problematika Pembelajaran Iqro’ di TPQ Al-Hasanah Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk” ini ditulis oleh Avita Nur Khamidah, NIM. 12201193268, Pembimbing Skripsi: Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A, NIP. 197201151999032002 Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran Iqro’ Taman pendidikan Al-Qur’an merupakan lembaga pendidikan informal yang menjadi tumpuan orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca dan memahami Al-Qur’an bagi anak-anak. Sebagaimana pendidikan formal yang dikelola dengan sangat baik dan sesuai standar, TPQ pun harus demikian untuk menjamin kualitas input yang diberikan akan sebanding dengan baiknya output yang dihasilkan. Salah satu hal yang seringkali disepelekan dalam pengelolaan TPQ adalah pada proses pembelajaran yang dilaksanakan tanpa memperhatikan aspek-aspek yang dapat mempengaruhi minat dan daya tarik anak untuk belajar. Permasalahan yang dapat digali adalah problematika pembelajaran iqro’ di TPQ Al-Hasanah Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Fokus pada penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana bentuk problematika pembelajaran iqro’ di TPQ Al-Hasanah Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, (2) Apa saja faktor penyebab munculnya problematika pembelajaran iqro’ di TPQ Al-Hasanah Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk, (3) Apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi problematika pembelajaran iqro’ di TPQ Al-Hasanah Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang mengambil latar belakang di TPQ Al-Hasanah, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk problematika pembelajaran iqro’ antara lain: metode monoton, penggunaan strategi yang kurang tepat, sarana dan prasarana kurang menunjang, dan tidak ada inovasi pembelajaran ke ranah teknologi (2) faktor penyebab munculnya problematika pembelajaran iqro’ dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu intern dan ekstern (3) kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi problematika yaitu berasal dari faktor internal dan eksternal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193268 AVITA NUR KHAMIDAH
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:39
Last Modified: 18 Dec 2023 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42587

Actions (login required)

View Item View Item