Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Dan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Se Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang

Azzam Arifin, 284534008 (2016) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Dan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Se Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
1 - Halaman Awal.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
Bab I - Pendahuluan.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Bab II - Landasan Teori.pdf

Download (417kB)
[img]
Preview
Text
Bab III - Metodologi Penelitian.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV - Hasil Penelitian.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V - Pembahasan.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI - PENUTUP.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Azzam Arifin. 2845134008. 2016. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Se Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang”. Tesis. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing I: Dr. Hj. Sulistyorini, M.Pd.I, Pembimbing II: Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar. Rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa masih menjadi masalah yang harus segera ditemukan solusinya. Hal ini disebabkan kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas, sehingga siswa menjadi cenderung pasif. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif berpengaruh positif terhadap hasil belajar yang dicapai, dan apakah penggunaan pembelajaran kooperatif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, demikian pula apakah aktivitas siswa dalam pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar yang dicapai, dan apakah penggunaan pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, serta apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif, pembelajaran kontekstual, dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experiment), dengan populasi seluruh siswa MI Se Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang tahun pelajaran 2015/2016, sebagai sampel diambil siswa kelas lima yang dibagi menjadi tiga kelompok, dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan satu kelompok lainnya sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian terdiri dari aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada masing-masing kelompok. Insttrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar (post-test). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi, independent sample t tes, dan anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif berpengaruh positif terhadap hasil belajar yang dicapai, dan penggunaan pembelajaran kooperatif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, demikian pula aktivitas siswa dalam pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar yang dicapai, dan penggunaan pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, serta ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif, pembelajaran kontekstual, dan pembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran kooperatif dan kontekstual dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk mencapai hasil belajar yang maksimal untuk siswa MI Se Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 2845134008 Azzam Arifin
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:31
Last Modified: 30 Dec 2016 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4259

Actions (login required)

View Item View Item