IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ HIDAYATUL MUBTADI’IEN SIMO KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

NEIHA DANI FITRI, 12201193043 (2023) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ HIDAYATUL MUBTADI’IEN SIMO KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)

Abstract

Neiha Dani Fitri. NIM. 12201193043. 2023. “Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Santri di TPQ Hidayatul Mubtadi’ien Simo Kedungwaru Tulungagung”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Metode An-Nahdliyah, Keterampilan Membaca Al- Qur’an. Zaman sekarang ini, banyak dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemberian materi Al-Qur’an oleh orang tua kepada anaknya sejak dini. Selain itu, kemampuan membaca Al-Qur’an yang rendah juga disebabkan oleh pendidikan yang berubah-ubah sehingga anak-anak lebih mementingkan pendidikan formal daripada belajar membaca Al-Qur’an. TPQ Hidayatul Mubtadi’ien Simo Kedungwaru Tulungagung merupakan tempat belajar untuk meningkatkan keterampilan Membaca Al-Qur’an anak dan remaja muslim saat ini yang pelaksanaan pembelajarannya menggunakan metode An-Nahdliyah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Hidayatul Mubtadi’ien Simo Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Hidayatul Mubtadi’ien Simo Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Hidayatul Mubtadi’ien Simo Kedungwaru Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif, jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Untuk teknik pengumpulan data dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Pengecekan keabsahan temuan data dalam penelitian ini menggunakan Uji Kredibilitas, Uji Transferabilitas, Uji Dependabilitas, dan Uji Konfirmabilitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan metode An- Nahdliyah dalam meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an santri di TPQ Hidayatul Mubtadi’ien Simo Kedungwaru Tulungagung adalah: a) Menentukan tujuan dan metode pembelajaran, b) Mempersiapkan tenaga pendidik, c) Menentukan progam yang dicanangkan, d) Menyusun alokasi waktu pengajaran. (2) Pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an santri di TPQ Hidayatul Mubtadi’ien Simo Kedungwaru Tulungagung adalah: a) Pada progam buku paket 6 Jilid menggunakan sistem ketukan, b) Pada progam sorogan Al-Qur’an menggunakan sistem bacaan Tartil, c) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Demonstrasi, Drill, Ceramah, xxi Tanya jawab, d) Langkah-langkah pada masing-masing progam pembelajaran dimulai dari Tutorial I, Privat Individual, dan Tutorial II. Evaluasi metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an santri di TPQ Hidayatul Mubtadi’ien Simo Kedungwaru Tulungagung adalah (a) Pada Progam Buku Paket (PBP) 6 Jilid evaluasi yang digunakan adalah evaluasi harian, evaluasi akhir jilid, dan evaluasi tahap akhir (EBTA), (b) Pada Progam Tambahan evaluasi yang digunakan adalah evaluasi harian, (c) Pada Progam Sorogan Al-Qur’an evaluasi yang digunakan adalah evaluasi harian, evaluasi Pra Munaqasah, dan evaluasi Munaqasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193043 NEIHA DANI FITRI
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:03
Last Modified: 20 Dec 2023 06:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42602

Actions (login required)

View Item View Item