PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI KAHOOT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGUNUT

SINDY SEPTIANY VALENNANDA, 12204183005 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI KAHOOT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Sindy Septiany Valennanda, 12204183005. 2022, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Kahoot Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut” Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif , Kahoot, Minat Belajar, Hasil Belajar, Aljabar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika karena sistem pembelajaran yang dianggap monoton dan membosankan. Selain itu penggunaan media pembelajaran juga berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar pada siswa. Saat ini masih banyak media pembelajaran yang dirasa masih kurang menarik minat siswa apalagi pada mata pelajaran matematika. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya pemanfaatan teknologi dalam penyampaian materi yang dilakukan oleh guru. Sehingga berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : a) pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap minat belajar siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut; b) pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut; c) pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan bentuk posttest only control group. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot, sedangakan untuk variabel terikatnya ada dua yaitu minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 375 siswa dan terbagi menjadi 10 kelas . Sampel dalam penelitian ini adalah 18 orang siswa dari kelas VII D sebagai kelas kontrol dan 18 siswa dari kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa. Dimana hasil belajar akan diuji menggunakan uji t-test, minat belajar akan diuji menggunakan Mann – Whitney, sedangkan minat dan hasil belajar akan diuji menggunakan uji MANOVA (Mulitivariate of Varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut. Uji Manova yang diperoleh menunjukkan nilai signifikasi 0,044 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183005 SINDY SEPTIANY VALENNANDA
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:00
Last Modified: 18 Dec 2023 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42612

Actions (login required)

View Item View Item