SINDY SEPTIANY VALENNANDA, 12204183005 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI KAHOOT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGUNUT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (873kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
Abstract
Sindy Septiany Valennanda, 12204183005. 2022, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Kahoot Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut” Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif , Kahoot, Minat Belajar, Hasil Belajar, Aljabar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran matematika karena sistem pembelajaran yang dianggap monoton dan membosankan. Selain itu penggunaan media pembelajaran juga berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar pada siswa. Saat ini masih banyak media pembelajaran yang dirasa masih kurang menarik minat siswa apalagi pada mata pelajaran matematika. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya pemanfaatan teknologi dalam penyampaian materi yang dilakukan oleh guru. Sehingga berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : a) pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap minat belajar siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut; b) pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut; c) pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan bentuk posttest only control group. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot, sedangakan untuk variabel terikatnya ada dua yaitu minat belajar siswa dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 375 siswa dan terbagi menjadi 10 kelas . Sampel dalam penelitian ini adalah 18 orang siswa dari kelas VII D sebagai kelas kontrol dan 18 siswa dari kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa. Dimana hasil belajar akan diuji menggunakan uji t-test, minat belajar akan diuji menggunakan Mann – Whitney, sedangkan minat dan hasil belajar akan diuji menggunakan uji MANOVA (Mulitivariate of Varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut. Uji Manova yang diperoleh menunjukkan nilai signifikasi 0,044 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi kahoot terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183005 SINDY SEPTIANY VALENNANDA |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 07:00 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 07:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42612 |
Actions (login required)
View Item |