STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE HADIAH DAN HUKUMAN DI MTS AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

REASTI ADINDA PUTRI KUSMA ANDINI, 17201163035 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE HADIAH DAN HUKUMAN DI MTS AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Metode Hadiah dan Hukuman di MTs Al Huda Bandung Tulungagung” yang ditulis oleh Reasti Adinda Putri Kusma Andini, NIM. 17201163035, Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi Belajar, Metode Hadiah dan Hukuman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang tampak di lingkungan sekolah dimana peserta didik kurang memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Guru sebagai sosok yang memiliki posisi strategis dalam menentukan keberhasilan pembelajaran dapat membangkitkan minat peserta didik melalui perencanan, pelaksanaan, hingga evaluasi metode reward dan hukuman yang diterapkan dalam pembelajaran. MTs Al Huda Bandung merupakan sekolah yang peserta didiknya aktif dalam pembelajaran dengan menerapkan metode hadiah dan hukuman. Oleh karena itu topik ini menarik perhatian peneliti untuk diteliti lebih lanjut. Fokus Penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut; (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode hadiah dan hukuman Di MTs Al Huda Bandung Tulungagung?. (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode hadiah dan hukuman Di MTs Al Huda Bandung Tulungagung?. (3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode hadiah dan hukuman Di MTs Al Huda Bandung Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode hadiah dan hukuman Di MTs Al Huda Bandung Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode hadiah dan hukuman Di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode hadiah dan hukuman Di MTs Al Huda Bandung Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa;(1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik dengan metode hadiah dan hukuman yaitu menyiapkan silabus dan RPP (2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik dengan metode hadiah dan hukuman yaitu dengan memberikan hadiah berupa nilai lebih pada rapor siswa dan memberikan hukuman yang bermanfaat dan bersifat jera kepada peserta didik(3) Evaluasi Strategi guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik dengan metode hadiah dan hukuman yaitu dengan mengadakan tes secara berkala kepada peserta didik untuk membandingkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163035 REASTI ADINDA PUTRI KUSMA ANDINI
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:38
Last Modified: 19 Dec 2023 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42648

Actions (login required)

View Item View Item