TRANSAKSI JUAL BELI CHIPS VIRTUAL GAME ONLINE DOMINO HIGGS DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek)

AHMAD MUHTAR MURTADLO, 17101163129 (2023) TRANSAKSI JUAL BELI CHIPS VIRTUAL GAME ONLINE DOMINO HIGGS DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (726kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Ahmad Muhtar Murtadlo, 17101163129 Judul Skripsi Transaksi Jual Beli Chips Virtual Game Online Domino Higgs Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek) Prodi Hukum Ekonomi Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Abd Khair Wattimena. Kata kunci : Transaksi, Jual Beli, Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Pada saat ini munculnya fenomena baru dikalangan masyarakat, yaitu banyaknya orang yang melakukan jual beli yang didapat dari hasil sebuah game. Seperti halnya yang dilakukan masyarakat di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek pada saat ini. Padahal obyek atau hasil yang didapat hanyalah sebuah koin emas saja. Tetapi, koin ini bisa diperjualbelikan karena dapat menghasilkan pundi-pundi uang yang dijadikan sebagai tambahan suatu penghasilan untuk memenuhi kebutuhan. Game tersebut adalah game higgs domino. Rumusan Masalah 1) Bagaimana mekanisme transaksi jual beli Chips Virtual Game Online Domino Higgs Di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek? 2) Bagaimana jual beli Chips Virtual Game Online Domino Higgs dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah? Tujuan Penelitian 1) Untuk mekanisme transaksi jual beli Chips Virtual Game Online Domino Higgs Di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek? 2) Untuk jual beli Chips Virtual Game Online Domino Higgs dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah? Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data berupa Observasi, wawancara dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan Collecting, data edittingdata Verifikasi dan data kongklus, Teknik Keabsahan data digunakan dalam penelitian ini adalah Trianggulasi yang menggabungkan dari dua teknik pengumpulan data dan dari dua sumber yang berbeda. Hasil Penelitian menunjukkan sistem jual beli chip dalam game higgs domino yang dilakukan masyarakat di Desa Pangkah Wetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik ini yaitu dilakukan dengan cara saling bertemu (bertatap muka) ataupun tinggal kirim chipnya ke akun pembeli terlebih dahulu, kemudian untuk uangnya biasanya dilakukan dengan cara mentransfer atau pihak dari penampung/pengepul tersebut yang nantinya mendatangi ke masing-masing pihak yang sudah membeli dan dikirim chip tersebut untuk mengambil uangnya. Karena obyek yang didapat dan diperjualbelikan tersebut berasal dari taruhan dan dari hasil mengundi nasib yang bersifat untung-untungan. Mengenai hal itu sama saja dengan adanya unsur maysir atau perjudian. Maka dihukumi haram. Dalam fiqih muamalah sendiri sudah menjelaskan terkait dengan syarat obyek dalam jual beli, yaitu tidak adanya mengandung unsur maysir, gharar dan riba. Dan jika dilihat dengan adanya game higgs domino dan transaksi jual belinya juga mengandung banyak mudharatnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 17101163129 AHMAD MUHTAR MURTADLO
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:46
Last Modified: 19 Dec 2023 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42658

Actions (login required)

View Item View Item