PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL

TINA NOVATUR RAHMA, 12205193227 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol” ini ditulis oleh Tina Novatur Rahma, NIM. 12205193227, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning , Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Proses pembelajaran di sekolah masih didominasi oleh pembelajaran guru secara langsung atau dikenal dengan teacher centered learning sehingga dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dan rendahnya hasil belajar. Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan karena menunjang pemahaman siswa sejak dini yang nantinya berdampak positif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan argumen tersebut, perlu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk mengkonstruksi konsep secara mandiri dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Peneliti memilih model pembelajaran Discovery Learning dengan alasan model pembelajaran tersebut memiliki fase-fase yang bercondong kearah penemuan, sehingga kegiatan-kegiatan yang ada di dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah:1)Mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kempuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPAS kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran dicovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Eksperimen Design dengan desain penelitian yaitu Pre-test Post-test Control-Group Design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V-A dengan jumlah 16 siswa dan kelas V-B dengan jumlah 15 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar siswa yang telah tervalidasi. Uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan sebagai uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan peneliti yaitu uji independent t-test dan uji Manova. Hasil analisis menunjukan bahwa: 1)Terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dengan signifikasi yaitu sig. 0,003 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar dengan signifikasi yaitu sig. 0,008 <0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan sig. 0,002 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193227 TINA NOVATUR RAHMA
Date Deposited: 21 Dec 2023 08:37
Last Modified: 21 Dec 2023 08:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42679

Actions (login required)

View Item View Item