PENERAPAN METODE PROMPTS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PAI PESERTA DIDIK ABK TUNARUNGU DI SLB KEMALA BHAYANGKARI 1 TRENGGALEK

CAHYANINGRUM PUTRI SUGESTINE, 12201193336 (2023) PENERAPAN METODE PROMPTS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PAI PESERTA DIDIK ABK TUNARUNGU DI SLB KEMALA BHAYANGKARI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (992kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Prompts untuk Meningkatkan Pemahaman PAI Peserta Didik ABK Tunarungu di SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Cahyaningrum Putri Sugestine, NIM. 12201193336, pembimbing Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata kunci: Metode prompts, pemahaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan yang dimiliki peserta didik tunarungu dalam berkomunikasi dan berbahasa. Kondisi tersebut menyebabkan anak tunarungu kurang memahami petunjuk verbal atau lisan, sehingga mereka sering tidak mematuhi petunjuk dalam pembelajaran khususnya pada materi PAI. Akibatnya ketika melaksanakan pembelajaran materi yang disampaikan oleh guru tidak dapat diterima secara maksimal. Masalah dalam pembelajaran ini dapat diatasi dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode yang tepat dalam mengatasi masalah ini adalah menerapkan metode prompts. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode prompts pada materi PAI dalam meningkatkan pemahaman peserta didik ABK Tunarungu di SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek; (2) Untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman ABK Tunarungu melalui penerapan metode prompts pada materi PAI di SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode prompts pada materi PAI menggunakan bentuk verbal, gestural dan modelling prompts, yang penerapannya disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didik. Prompts menjadi satu kesatuan dan bagian dari metode pembelajaran yang lain karena menjadi metode pembantu dalam pembelajaran yang dilakukan di sekolah luar biasa; (2) Tingkat pemahaman peserta didik ABK tunarungu terhadap penerapan metode prompts pada materi PAI di SLB Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek masuk dalam kategori sedang, dengan kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Pada kategori sangat tinggi sebesar 0%, kategori tinggi sebesar 17%, kategori sedang sebesar 65%, kategori rendah 12%, dan kategori sangat rendah sebesar 6%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193336 CAHYANINGRUM PUTRI SUGESTINE
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:53
Last Modified: 22 Dec 2023 07:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42708

Actions (login required)

View Item View Item