DICKY MOCHAMAD MUSSALIM RIDHLO, 128501203007 (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU (Studi Multi Kasus di MAN 1 Blitar dan SMAN 1 Sutojayan Blitar). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (116kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul "Peran Kepala Sekolah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Multi Kasus di MAN 1 Blitar dan SMAN 1 Sutojayan Blitar)" ini di tulis oleh Dicky Mochamad Mussalim Ridhlo, NIM 12850123007 dengan dibimbing oleh Dr. H. Nur Efendi, M.Ag dan Dr. H. Teguh, M.Ag. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Motivator, Kompetensi Guru, Penelitian dalam tesis ini didasarkan pada fenomena yang terjadi pada saat ini. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan tingginya tingkat persaingan lembaga pendidikan. Selain itu, bertambahnya jumlah penduduk secara drastis mengakibatkan kebutuhan masyarakat akan pentingnya pendidikan semakin meningkat. Dengan demikian peran kepala sekolah sangat diperlukan untuk menghadapi permasalahan tersebut. Peran kepala sekolah dalam hal pendidikan tidak hanya dari segi pembanguna fisik gedung sekolah. Melainkan juga dari unsur internal sekolah itu sendiri. Utamanya guru yang mempunyai peran penting dalam pendidikan. tugas guru tidak hanya sekedar memberikan materi pembelajaran, tetapi juga sebagai orang tua peserta didik ketika di sekolah. Sehingga guru juga harus membantu peserta didik untuk mengembangkan potensinya, membimbing, dan membentuk karakter dari peserta didik dengan baik. Oleh karena itu, guru setidaknya mempunyai kompetensi dasar yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Untuk menunjang pengembangan kompetensi tersebut, maka peran kepala sekolah sebagai Motivator sangat berpengaruh. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 1 Blitar dan SMAN 1 Sutojayan Blitar?, (2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di MAN 1 Blitar dan SMAN 1 Sutojayan Blitar?, (3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di MAN 1 Blitar dan SMAN 1 Sutojayan Blitar?, (4) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di MAN 1 Blitar dan SMAN 1 Sutojayan Blitar? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan tentang peran kepala sekolah dan guru di sekolah. Serta bentuk motivasi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Sehingga dapat diketahui peningkatan kompetensi guru dengan adanya motivasi yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi multi kasus (multy case studies). Pada penelitian ini kasus yang diteliti terdapat pada dua lembaga pendidikan, yaitu MAN 1 Blitar dan SMAN 1 Sutojayan Blitar. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru kepala sekolah melakukan kegiatan workshop, diklat, dan mengirim guru dalam pelatihan baik tingkat sekolah, kabupaten, maupun provinsi, mengundang narasumber untuk kepentingan pengembangan pembelajaran, serta mengikut sertakan guru dalam kegiatan MGMP, (2) Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru dicerminkan oleh kepala sekolah dengan memberikan keteladanan kepada semua guru baik dengan sikap disiplin, tanggung jawab, sopan dalam bertutur kata, dan senantiasa memberikan pembinaan, arahan, dan pendekatan kepada semua guru, (3) Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dilakukan dengan cara memberikan motivasi dan dukungan kepada guru untuk selalu mengembangkan keilmuannya sesuai dengan bidangnya masing-masing. Serta memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi guru yang berkenan untuk melanjutkan studi, (4) Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi sosial guru kepala sekolah melakukan kegiatan yang dapat menciptakan rasa kekeluargaan dengan sesama guru, dengan melaksanakan kegiatan anjangsana setiap 3 bulan sekali, kegiatan sosial yang melibatkan seluruh guru dengan harapan untuk meningkatkan rasa kerja sama dalam tim, serta kegiatan yang melibatkan warga sekitar untuk menjalin kekerabatan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 128501203007 Dicky Mochamad Mussalim Ridhlo |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:00 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42747 |
Actions (login required)
View Item |