STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME PADA SISWA KELAS 4 MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI WAHID HASYIM UDANAWU BLITAR

ANDIKA AHMAD ILHAM, 17205163191 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME PADA SISWA KELAS 4 MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI WAHID HASYIM UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)

Abstract

Fenomena rapuhnya jiwa nasionalisme dan patriotisme siswa mengakibatkan masuknya nilai dan budaya luar ke Indonesia yang memberikan dampak positif maupun negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah menurunnya semangat nasionalisme dan patriotisme siswa. Oleh karena itu strategi guru dalam penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme sejak dini dibutuhkan dengan harapan menjadi suatu pengetahuan yang mendorong siswa dan guru untuk mengamalkan nilai nasionalisme dan patriotisme dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme pada siswa, (2) mengetahui proses pelaksanaan guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme pada siswa, dan (3) mengetahui manfaat nilai nasionalisme dan patriotisme bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan alat dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data dan disajikan secara deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 guru pendidikan kewarganegaraan kelas 4 MI Wahid Hasyim Udanawu Blitar. Hasil penelitian ini (1) strategi guru dalam menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa dilakukan melalui proses pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas, guru menggunakan strategi dan model pembelajaran inkuiri social dan contextual taching learning yang tepat, pembiasaan sikap, dan pemberian materi yang cukup, (2) Pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme dilakukan dengan pembiasaan sikap toleransi, siswa diajarkan untuk saling menghargai agama, suku, ras, dan kebudayaan lain yang berbeda darinya untuk menciptakan individu yang selalu menjaga keutuhan bangsa, guru terlibat langsung dalam proses pembiasaan sikap toleransi siswa di sekolah, wali siswa juga berperan dalam mengawasi dan membimbing agar pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme dapat berjalan sesuai harapan. (3) Penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme melalui pendidikan kewarganegaraan di sekolah meningkatkan sikap toleransi siswa, guru memberikan keteladanan yang baik bagi siawa dan memberikan motivasi dalam pembelajaran, sehingga terbentuknya sikap saling menghargai tanpa membeda-bendakan satu sama lain di lingkungan sekolah, siswa dapat berbaur dan melaksanakan sikap toleransi dengan baik, siswa terhindar dari sikap saling menjatuhkan. Dengan demikian, setiap individu tidak akan merasa paling hebat dan tidak meremahkan orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163191 ANDIKA AHMAD ILHAM
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:23
Last Modified: 29 Dec 2023 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42750

Actions (login required)

View Item View Item