ANDIKA AHMAD ILHAM, 17205163191 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME PADA SISWA KELAS 4 MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI WAHID HASYIM UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (396kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (501kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
Abstract
Fenomena rapuhnya jiwa nasionalisme dan patriotisme siswa mengakibatkan masuknya nilai dan budaya luar ke Indonesia yang memberikan dampak positif maupun negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah menurunnya semangat nasionalisme dan patriotisme siswa. Oleh karena itu strategi guru dalam penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme sejak dini dibutuhkan dengan harapan menjadi suatu pengetahuan yang mendorong siswa dan guru untuk mengamalkan nilai nasionalisme dan patriotisme dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme pada siswa, (2) mengetahui proses pelaksanaan guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme pada siswa, dan (3) mengetahui manfaat nilai nasionalisme dan patriotisme bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan alat dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data dan disajikan secara deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 1 guru pendidikan kewarganegaraan kelas 4 MI Wahid Hasyim Udanawu Blitar. Hasil penelitian ini (1) strategi guru dalam menanamkan nilai nasionalisme dan patriotisme melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa dilakukan melalui proses pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas, guru menggunakan strategi dan model pembelajaran inkuiri social dan contextual taching learning yang tepat, pembiasaan sikap, dan pemberian materi yang cukup, (2) Pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme dilakukan dengan pembiasaan sikap toleransi, siswa diajarkan untuk saling menghargai agama, suku, ras, dan kebudayaan lain yang berbeda darinya untuk menciptakan individu yang selalu menjaga keutuhan bangsa, guru terlibat langsung dalam proses pembiasaan sikap toleransi siswa di sekolah, wali siswa juga berperan dalam mengawasi dan membimbing agar pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme dapat berjalan sesuai harapan. (3) Penanaman nilai nasionalisme dan patriotisme melalui pendidikan kewarganegaraan di sekolah meningkatkan sikap toleransi siswa, guru memberikan keteladanan yang baik bagi siawa dan memberikan motivasi dalam pembelajaran, sehingga terbentuknya sikap saling menghargai tanpa membeda-bendakan satu sama lain di lingkungan sekolah, siswa dapat berbaur dan melaksanakan sikap toleransi dengan baik, siswa terhindar dari sikap saling menjatuhkan. Dengan demikian, setiap individu tidak akan merasa paling hebat dan tidak meremahkan orang lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163191 ANDIKA AHMAD ILHAM |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 03:23 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 03:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42750 |
Actions (login required)
View Item |