KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR MELALUI METODE POLYA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GONDANG

UMI NI’MATUL LAILY EKA PUTRI, 12204193158 (2023) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR MELALUI METODE POLYA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GONDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (321kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Melalui Metode Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gondang” ini ditulis oleh Umi Ni’matul Laily Eka Putri, NIM. 12204193158, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Metode Polya, Gaya Kognitif Field Independent, Gaya Kognitif Field Dependent. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika masih sering mengalami kesulitan dan ketidakpahaman. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep matematika. Banyak siswa yang Ketika diberikan suatu masalah dapat menyelesaikan dengan benar masalah yang diberikan tersebut sama denga napa yang telah dicontohkan oleh guru, akan tetapi saat diberikan masalah yang sedikit berbeda siswa akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Dengan latar belakang tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai pemahamn konsep matematika terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang yang ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA dengan gaya kognitif field independent (FI) melalui metode polya pada materi Sistem Persamaan Linear, dan 2) untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA dengan gaya kognitif field dependent (FD) melalui metode polya pada materi Sistem Persamaan Linear. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di kelas X-9 SMA Negeri 1 Gondang dengan jumlah siswa yang mengikuti tes adalah 29 siswa. Dari 29 siswa tersebut, peneliti memilih 4 subjek berdasarkan gaya kognitif yang berbeda yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes GEFT, tes kemampuan pemahaman konsep, dan wawancara. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) subjek dengan gaya kognitif field independent (FI) mampu menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dengan baik dan benar serta mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep, yaitu menafsirkan, mengklasifikasikan, menyimpulkan, dan menjelaskan. 2) Subjek dengan gaya kognitif field dependent (FD) tidak mampu menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) serta cenderung kurang teliti dengan pekerjaannya sehingga tidak bisa menyelesaikan soal dengan baik dan benar. Subjek FD hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan pemahaman konsep yaitu menafsirkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193158 UMI NI'MATUL LAILY EKA PUTRI
Date Deposited: 28 Dec 2023 01:03
Last Modified: 28 Dec 2023 01:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42779

Actions (login required)

View Item View Item