PEMAHAMAN TUGAS MULTIPLE REPRESENTATION MATEMATIS DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MA AL- FATTAHIYYAH NGRANTI TULUNGAGUNG

RISMA DWI RAHMA PUTRI, 12204193150 (2023) PEMAHAMAN TUGAS MULTIPLE REPRESENTATION MATEMATIS DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MA AL- FATTAHIYYAH NGRANTI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (659kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pemahaman Tugas Multiple Representation Matematis Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir pada Peserta Didik Kelas XI IPA MA Al- Fattahiyyah Ngranti Tulungagung” ini ditulis oleh Risma Dwi Rahma Putri, NIM. 12204193150, pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Representasi, Multiple Representation Matematis, Cara Berpikir. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan yang sering dijumpai dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Pada dasarnya setiap peserta didik memiliki kemampuan dalam menyajikan suatu hasil jawaban yang berbeda-beda, karena kemampuan yang dimiliki setiap peserta didik berbeda- beda. Hal tersebut menunjukkan bahwa representasi matematis yang dilacak di sekolah sangat memungkinkan setiap peserta didik berbeda-beda dan cenderung fokus pada tugas yang disajikan dalam bentuk 1 soal 1 jawaban, atau dalam perkembangannya disajikan 1 soal yang dapat diselesaikan dengan banyak jawaban. Namun pada dasarnya mereka belum pernah diberikan tugas dalam bentuk multiple representation yaitu beberapa soal yang menghasilkan 1 jawaban. Tugas multiple representation dapat menghasilkan pemahaman dalam kategori fleksibel komplit, fleksibel inkomplit maupun terkotak-kotak. Sehingga dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman tugas multiple representation matematis ditinjau dari karakteristik cara berpikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan pemahaman tugas multiple representation matematis peserta didik ditinjau dari karakteristik cara berpikir Sekuensial Konkret (SK). 2) Mendiskripsikan pemahaman tugas multiple representation matematis peserta didik ditinjau dari karakteristik cara berpikir Sekuensial Abstrak (SA). 3) Mendiskripsikan pemahaman multiple representation matematis peserta didik ditinjau dari karakteristik cara berpikir Acak Konkret (AK). 4) Mendiskripsikan pemahaman tugas multiple representation matematis peserta didik ditinjau dari karakteristik cara berpikir Acak Abstrak (AA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MA Al-Fattahiyyah Ngranti Tulunggaung yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XI IPA-1 yang berjumlah 31 peserta didik. Dari 31 peserta didik akan dipilih 8 peserta didik sebagai subjek yang digolongkan berdasarkan tingkat karakteristik cara berpikirnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes dan wawancara. Kemudian teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Peserta didik yang memiliki karakteristik cara berpikir SK belum dapat memenuhi semua indicator multiple representation dan tergolong dalam kategori fleksibel inkomplit dimana peserta didik hanya mampu menyelesaikan dengan benar 2 jawaban dari 3 soal yang diberikan dan terkotak- kotak dimana peserta didik tersebut belum mampu menyelesaikan dengan benar semua dari keseluruhan soal yang diberikan. 2) Peserta didik yang memiliki karakteristik cara berpikir SA, AK, dan AA mereka tergolong dalam kategori fleksibel inkomplit dimana mereka hanya mampu menyelesaikan dengan benar 2 jawaban dengan benar dari 3 soal yang diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193150 RISMA DWI RAHMA PUTRI
Date Deposited: 28 Dec 2023 01:08
Last Modified: 28 Dec 2023 01:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42780

Actions (login required)

View Item View Item