PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA NAHDLATUL ULAMA SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

BICKY GALUH SAPUTRI, 12206193102 (2023) PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA NAHDLATUL ULAMA SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Bicky Galuh Saputri. 12206193102. 2023. Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Nahdlatul Ulama Sumbergempol Tulungagung. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Ibu Errifa Susilo, M.Pd Kemampuan bahasa adalah aspek perkembangan penting pada anak usia dini, diantara perkembangan bahasa adalah menyimak, berbicara. Kemampuan bahasa dibagi menjadi dua jenis 1) Bahasa Reseptif 2) Bahasa Produktif atau Ekspresif. Proses pengembangan bahasa anak dapat menggunakan media, salah satunya menggunakan media big book. Menurut Solehuddin,dkk, menyatakan bahwa big book memiliki beberapa kelebihan salah satunya adalah mampu mengembangkan kemampuan dasar anak dalam semua aspek bahasa yaitu mendengarkan atau menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah “Adakah pengaruh media big book terhadap kemampuan menyimak pada anak usia 4-5 tahun di RA Nahdlatul Ulama Sumbergempol Tulungagung?” dan “Adakah pengaruh media big book terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun RA Nahdlatul Ulama Sumbergempol Tulungagung?” serta “Seberapa besar pengaruh media big book terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di RA Nahdlatul Ulama Sumbergempol Tulungagung?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah tipe Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini ialah usia 4-5 tahun yaitu kelompok OA1 dan OA2. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pretest-posttest dengan alat penilaian berupa capaian perkembangan anak melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan uji prasyarat dengan bantuan Software SPSS versi 21. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa secara umum mean, median, modus, standar deviasi, nilai minimum, nilai maksimum pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil analisis Uji Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) = 0,000. Nilai signifikan (0,00<0,05) makan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dalam penggunaan media big book terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun. Besar pengaruh yang diperoleh pada uji Effect Size menunjukkan pengaruh sebesar 0,74 yang tergolong dalam interpretasi memiliki pengaruh besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193102 BICKY GALUH SAPUTRI
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:43
Last Modified: 28 Dec 2023 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42808

Actions (login required)

View Item View Item