NURRIZKA ANANDA SAFIRA, 12204183128 (2023) PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IX MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penerapan strategi konvensional yang selama ini dipakai oleh para pendidik dirasa kurang mampu menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung, hal ini mengakibatkan adanya kesenjangan antara ketuntasan materi yang disampaikan dengan pemahaman siswa akan materi tersebut. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan strategi pembelajaran active knowledge sharing yang berpusat pada keaktifan siswa dalam mencari jawaban atau pengetahuan dengan harapan mampu meningkatkan hasil pembelajaran dengan lebih baik lagi. Selain itu, peneliti menambahkan media video sebagai penunjang dalam membantu pendidik menyampaikan materi dan penarik perhatian siswa agar pembelajaran lebih terfokus dan terarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) adanya pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung. (2) Adanya pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung. (3) Besar pengaruh penerapan strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis design penelitian pre-eksperimen design yang berupa one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari. Pemilihan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dengan siswa 1 kelas yang berjumlah kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Dan data tersebut akan di analisis menggunakan teknik paired sample t-test serta uji effect size size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung, hal ini dapat dilihat pada nilai tes pre-test post test setelah melalui uji paired sample t-test diperoleh sig 2 tailed (0,000<0,05). (2) Ada pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung, hasil ini terlihat pada nilai observasi pre-test post test setelah melalui uji paired sample t-test dan diperoleh sig 2 tailed (0,014<0,05). (3) Besar pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung setelah uji effect size adalah sebesar 83,8%, dan Besar pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung uji effect size adalah sebesar 57,8%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Matematika > Bangun Datar Pendidikan > Hasil Belajar Jurnal Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Peserta Didik Matematika > Ruang Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183128 NURRIZKA ANANDA SAFIRA |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 03:07 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42824 |
Actions (login required)
View Item |