PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IX MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG

NURRIZKA ANANDA SAFIRA, 12204183128 (2023) PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IX MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (623kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penerapan strategi konvensional yang selama ini dipakai oleh para pendidik dirasa kurang mampu menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung, hal ini mengakibatkan adanya kesenjangan antara ketuntasan materi yang disampaikan dengan pemahaman siswa akan materi tersebut. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan strategi pembelajaran active knowledge sharing yang berpusat pada keaktifan siswa dalam mencari jawaban atau pengetahuan dengan harapan mampu meningkatkan hasil pembelajaran dengan lebih baik lagi. Selain itu, peneliti menambahkan media video sebagai penunjang dalam membantu pendidik menyampaikan materi dan penarik perhatian siswa agar pembelajaran lebih terfokus dan terarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) adanya pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung. (2) Adanya pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung. (3) Besar pengaruh penerapan strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis design penelitian pre-eksperimen design yang berupa one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari. Pemilihan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dengan siswa 1 kelas yang berjumlah kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Dan data tersebut akan di analisis menggunakan teknik paired sample t-test serta uji effect size size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung, hal ini dapat dilihat pada nilai tes pre-test post test setelah melalui uji paired sample t-test diperoleh sig 2 tailed (0,000<0,05). (2) Ada pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung, hasil ini terlihat pada nilai observasi pre-test post test setelah melalui uji paired sample t-test dan diperoleh sig 2 tailed (0,014<0,05). (3) Besar pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung setelah uji effect size adalah sebesar 83,8%, dan Besar pengaruh strategi active knowledge sharing berbantuan media video terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX MTs Sultan Agung Jabalsari dalam belajar bangun ruang sisi lengkung uji effect size adalah sebesar 57,8%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Hasil Belajar
Jurnal
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Peserta Didik
Matematika > Ruang
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183128 NURRIZKA ANANDA SAFIRA
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:07
Last Modified: 28 Dec 2023 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42824

Actions (login required)

View Item View Item