VERDA OKGESTA, 12206183074 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LUKIS UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA GANDONG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) | Preview |
Abstract
Verda Okgesta. 12206183074. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Lukis Untuk Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Anak Kelompok B Di Tk Dharma Wanita Gandong”, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci: Penggunaan Media Lukis, Ketrampilan Motorik Halus Anak Penelitian ini didasarkan kondisi yang ada pada anak di TK Dharma Wanita Gandong kecamatan Bandung Kab Tulungagung belum berjalan dengan baik, masih ada masalah ketika kegiatan pembelajaran, yaitu mengenai motorik halus anak. Kemampuan motorik halus yang berkembang kurang maksimal Skripsi karena stimulus yang di berikan kepada anak yang kurang bervariasi, sehingga kemampuan anak untuk bereksplorasi menggunakan jari-jemari juga kurang. Rumusan masalahnya adalah 1) Adakah pengaruh penggunaan media lukis untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus anak kelompok B di TK Dharma Wanita gandong ? 2) Seberapa besar pengaruh media lukis untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus anak kelompok B di TK Dharma Wanita Gandong ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Menggunakan desain penelitian nonequivalent control grup desing (rancangan tes awal-tes akhir). Populasi dalam penelitian ini seluruh anak di TK Dharma Wanita Gandong kecamatan Bandung Kab Tulungagung Kelompok B1 dan Kelompok B2. Teknik sampling berupa purposive sampling Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji Hipotessis dengan menggunakan Independent Samples T Test. Hasil penelitiannya adalah 1) Ada pengaruh penggunaan media lukis untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Gandong perolehan thitung -2.393> ttabel 2.101, sementara itu diperoleh hasil Sig. (2-sided) adalah 0,030. Karena nilai Sig. 0,030< taraf nyata (= 0,05) maka Ho ditolak, dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh penggunaan media lukis untuk meningkatkan ketrampilan motorik halus anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Gandong. 2) Besarnya Pengaruh Media Lukis Untuk Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Gandong yaitu penggunaan media lukis mempengaruhi ketrampilan motorik halus anak sebesar 0.220235 atau 22.1%, sedangkan sisanya sebesar 77.9% dipengaruhi oleh metode lain yang tidak di teliti. Hal ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru sangat lebih efektif karena media lukis yang digunakan guru dalam meningkatkan ketrampilan motorik halus anak memiliki beberapa kelebihan, seperti dapat menarik perhatian anak, mengembangkan kemampuan motorik anak, dan meningkatkan daya ingat anak. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru tetap memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B di TK Dharma Wanita Gandong.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183074 VERDA OKGESTA |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 02:32 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 02:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42863 |
Actions (login required)
View Item |