IMPLEMENTASI METODE MUROJA’AH MUFRODAT BAHASA ARAB DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA SOP PEMBUKAAN PEMBELAJARAN DI RA NU TERPADU SUMBERGEMPOL

QORRY ANISATUL AZIZAH, 12206193122 (2023) IMPLEMENTASI METODE MUROJA’AH MUFRODAT BAHASA ARAB DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK PADA SOP PEMBUKAAN PEMBELAJARAN DI RA NU TERPADU SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Qorry Anisatul Azizah, 12206193122, 2023, Implementasi Metode Muroja’ah Mufrodat Bahasa Arab dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada SOP Pembukaan Pembelajaran di RA NU Terpadu sumbergempol. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Machrup Eko Cahyono, M.Pd.I. Kata Kunci : Muroja’ah Mufrodat Bahasa Arab, Perkembangan Kognitf RA NU Terpadu Sumbergempol merupakan salah satu sekolah yang melakukan kegitan muroja’ah mufrodat bahasa Arab untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak pada SOP Pembukaan Pembelajaran yang sudah berjalan dengan baik dan lancar yang terbukti dengan banyaknya anak yang lebih mudah untuk mengingat dan menghafal mufrodat bahasa Arab. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Muroja’ah Mufrodat Bahasa Arab dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada SOP Pembukaan Pembelajaran di RA NU Terpadu sumbergempol. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk menjelaskan tentang penerapan metode muroja’ah mufrodat bahasa Arab, 2) untuk menyebutkan masalah ketika menerapkan metode muroja’ah mufrodat bahasa Arab, dan 3) untuk menjelaskan solusi dari masalah ketika menerapkan metode muroja’ah mufrodat bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskrifitif dengan jenis penenlitian lapangan (field research). Sumber data person: kepala sekolah dan guru kelas, place: bangunan, fasilitas, aktivitas, dan kegiatan pada SOP pembukaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian skripsi ini terbukti bahwa 1) penerapan metode muroja’ah mufrodat bahasa Arab ini dilakukan secara bersama dengan didampaingi oleh guru dan dimulai oleh guru mengucapkan bahasa Arab kemudian anak menjawab dengan bahasa Indonesia ataupun sebaliknya, 2) masalah ketika menerapkannya yaitu anak datang terlambat, anak tidak mau berbunyi, dan anak yang berlarian, 3) solusi dari masalah menerapkan metode muroja’ah mufrodat bahasa Arab yaitu tetap mengajak anak secara pribadi untuk muroja’ah, mendampingi dengan suara yang lantang dan keras, serta mengajak anak untuk duduk dan guru duduk disamping guru agar anak tidak berlarian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193122 QORRY ANISATUL AZIZAH
Date Deposited: 02 Jan 2024 08:53
Last Modified: 02 Jan 2024 08:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42868

Actions (login required)

View Item View Item