KORELASI MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X DI SMAN 1 SRENGAT

FITHOQUL MUKAROMAH, 12210183007 (2022) KORELASI MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X DI SMAN 1 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (842kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (462kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Korelasi Minat Baca terhadap Kemampuan Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas X di SMAN 1 Srengat” ini ditulis oleh Fithoqul Mukaromah, NIM 12210183007, program studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Korelasi, Minat Baca, Kemampuan Pemahaman, Teks Eksposisi. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pengamatan kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Srengat pada percobaan pembelajaran luring di tengah masa pandemi. Kemampuan siswa terhadap materi teks eksposisi dirasa kurang atau rendah dikarenakan alasan siswa tidak membaca materi, bahkan sudah lupa dengan materi yamg telah selesai dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Kemudian pendidik menggunakan media pembelajaran lain sebagai pemancing minat baca siswa selain buku pegangan. Pendidik menginstruksikan kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada kegiatan pembelajaran sehingga ketika kegiatan evaluasi berlangsung banyak siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan pendidik dan pada akhir pembelajaran siswa dapat menyimpulkan serta memahami materi yang telah mereka baca. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada atau tidak korelasi minat baca terhadap kemampuan pemahaman teks eksposisi siswa kelas X di SMAN 1 Srengat, (2) untuk mengetahui tingkat korelasi minat baca terhadap kemampuan pemahaman teks eksposisi siswa kelas X di SMAN 1 Srengat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Srengat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik two-stage random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, dan X IPA 4. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi Kendall’s tau. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada korelasi minat baca terhadap kemampuan pemahaman teks eksposisi siswa kelas X di SMAN 1 Srengat. Hal ini dilihat dari hasil analisis uji korelasi Kendall’s tau diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, (2) tingkat korelasi minat baca terhadap kemampuan pemahaman teks eksposisi siswa kelas X di SMAN 1 Srengat berada pada interval sangat tinggi. Hal ini dilihat dari nilai koefisien korelasi dengan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh pernyataan rhitung (0,889) > rtabel (0,176).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183007 Fithoqul
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:49
Last Modified: 29 Dec 2023 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42869

Actions (login required)

View Item View Item