MIFTA ASRURIKA, 12210193054 (2023) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (319kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VIII MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Mifta Asrurika NIM 12210193054, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Bagus Wahyu Setyawan, M.Pd. Kata kunci: Minat Baca, Kemampuan Menulis Narasi Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan menulis siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung yang masih rendah. Hal tersebut dikarenakan kurangnya sumber informasi atau kurangnya membaca. Menulis dan membaca merupakan suatu hubungan yang saling memengaruhi. Membaca dapat memberikan wawasan yang luas, menambah kosakata yang banyak, dan dapat memberikan pemahaman mengenai teknik-teknik penulisan yang benar. sehingga dapat memicu kemampuan dalam menulis teks narasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung dengan sampel penelitian yang digunakan, yaitu kelas VIII B dan kelas VIII E. Peneliti menggunakan sampel kelas VIII B dan VIII E atas rekomendasi dari guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data minat baca, sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data nilai tes menulis narasi. Data angket dan nilai tes yang dikumpulkan di analisis secara statistik dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas serta homogenitas. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis yaitu uji f test dan uji t independent sample t-test untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel X (bebas) terhadap variabel Y (terikat). Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat hasil penelitian yaitu: terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran minat baca terhadap kemampuan menulis teks narasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Uji t dalam Independent Samples T- Test yaitu nilai signifikan (2- tailed) senilai 0,000. Dengan demikian, jika nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran minat baca berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks narasi dengan rata-rata hasil post-test kelas kontrol 73,07 sedangkan rata-rata post-test kelas eksperimen 84,03.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210193054 MIFTA ASRURIKA |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 07:56 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 07:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42883 |
Actions (login required)
View Item |