STRATEGI PEMBELAJARAN GURU IPA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR

MAMLU'ATUN NAFISAH, 12205193135 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU IPA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru IPA dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di MIN 2 Blitar” ditulis oleh Mamlu’atun Nafisah, NIM 12205193135, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru, Berpikir Kritis Peningkatan kemampuan berpikir Kritis sangat penting melihat penerapan strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik harus ditingkatkan dengan sungguh-sungguh karena usia tersebut sangat kritis dalam pembentukan kemampuan berpikir seseorang. Guru harus membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis melalui penerapan strategi pembelajaran dalam proses kegiatan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran Inkuiri guru IPA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MIN 2 Blitar? (2) Bagaimana strategi pembelajaran Ekspositori guru IPA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MIN 2 Blitar? (3) Bagaimana strategi pembelajaran Problem based learning guru IPA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di MIN 2 Blitar? Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalu uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Transferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan berpikir kritis peserta didik MIN 2 Blitar ditingkatkan melalui kegiatan pembelajaran inkuiri dengan materi pelajaran IPA perubahan bentuk benda. Peserta didik ditujukan untuk dapat melakukan klarifikasi atau dapat merumuskan pokok permasalahan, memberikan alasan untuk dapat memberikan argumen yang benar, menarik kesimpulan dari materi yang sedang dibahas, dan dapat menyelesaikan masalah berdasarkan konsep atau materi yang sudah ditentukan oleh pendidik yakni materi mengenai perubahan bentuk benda. (2) Kemampuan berpikir kritis peserta didik MIN 2 Blitar ditingkatkan melalui kegiatan pembelajaran ekspositori dengan materi pelajaran IPA bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Peserta didik ditujukan untuk dapat melakukan klarifikasi atau dapat merumuskan pokok permasalahan, memberikan alasan untuk dapat memberikan argumen yang benar, menarik kesimpulan dari materi yang sedang dibahas, dan dapat menyelesaikan masalah berdasarkan konsep atau materi yang sudah ditentukan oleh pendidik yaitu materi mengenai bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. (3) Kemampuan berpikir kritis peserta didik MIN 2 Blitar ditingkatkan melalui kegiatan pembelajaran Problem based learning dengan materi pelajaran IPA perkembangbiakan tumbuhan. Peserta didik ditujukan untuk dapat melakukan klarifikasi atau dapat merumuskan pokok permasalahan, memberikan alasan untuk dapat memberikan argumen yang benar, menarik kesimpulan dari materi yang sedang dibahas, dan dapat menyelesaikan masalah berdasarkan konsep atau materi yang sudah ditentukan oleh pendidik yakni materi mengenai perkembang biakan tumbuhan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193135 MAMLU'ATUN NAFISAH
Date Deposited: 02 Jan 2024 08:47
Last Modified: 02 Jan 2024 08:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42918

Actions (login required)

View Item View Item