TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS VII MTS DARUL FALAH TULUNGAGUNG PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

LAILATUZZULFA, 12204193268 (2024) TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS VII MTS DARUL FALAH TULUNGAGUNG PADA MATERI HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Tingkat Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian” ini ditulis oleh Lailatuzzulfa NIM. 12204193268, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ibu Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Reflektif, Tipe Kepribadian Kemampuan berpikir merupakan salah satu kecakapan matematika dan merupakan tolak ukur tercapainya tujuan pembelajaran matematika. Salah satunya adalah kemampuan berpikir reflektif. Kemampuan berpikir reflektif dapat dioptimalkan melalui pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Dimana pemecahan masalah memiliki kaitan erat dengan proses berpikir siswa. Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing siswa berbeda, hal ini disebabkan oleh perbedaan tipe kepribadiannya. Terdapat empat tipe kepribadian siswa diantaranya Guardian, Artisan, Rational, dan Idealist Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kemampuan berpikir reflektif siswa bertipe kepribadian Guardian pada materi Himpunan, 2) kemampuan berpikir reflektif siswa bertipe kepribadian Artisan pada materi Himpunan, 3) kemampuan berpikir reflektif siswa bertipe kepribadian Rational pada materi Himpunan, dan 4) kemampuan berpikir reflektif siswa bertipe kepribadian Idealist pada materi Himpunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yang dipilih dari 26 siswa kelas VII MTs Darul Falah Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kemampuan berpikir reflektif siswa bertipe kepribadian Guardian pada materi Himpunan mampu memenuhi semua indikator berpikir reflektif, sehingga dapat dikatakan Reflektif (T3), 2) kemampuan berpikir reflektif siswa bertipe kepribadian Artisan pada materi Himpunan mampu memenuhi dua indikator berpikir reflektif, sehingga dapat dikatakan Cukup Reflektif (T2), 3) kemampuan berpikir reflektif siswa bertipe kepribadian Rational pada materi Himpunan mampu memenuhi semua indikator berpikir reflektif, sehingga dapat dikatakan Reflektif (T3), dan 4) kemampuan berpikir reflektif siswa bertipe kepribadian Idealist pada materi Himpunan hanya memenuhi satu indikator berpikir reflektif, sehingga dapat dikatakan Kurang Reflektif (T1).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Himpunan
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193268 LAILATUZZULFA
Date Deposited: 03 Jan 2024 09:26
Last Modified: 03 Jan 2024 09:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42950

Actions (login required)

View Item View Item