MUHAMAD SHOLEHUDIN KURNIAWAN, 17201163447 (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PADA ORANG DEWASA MELALUI METODE THORIQOTY DI LEMBAGA PENDIDIKAN PENDIDIK ALQUR’AN (LPPQ) METODE THORIQOTY CABANG KEPATIHAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Perhatian terhadap pembelajaran Al-Qur’an khusus pada aspek pendidikan membaca Al-Qur’an sudah cukup baik pada jenjang anak-anak sampai remaja. Namun ketika melihat realita yang terjadi di masyarakat pada umumnya pada kalangan dewasa masih banyak ditemukan kurang faham dan fasih dalam membaca Al-Qur’an. Kemampuan membaca ini sangat erat berhubungan dengan cabang ilmu Al-qur’an yaitu ilmu tajwid. Ilmu tajwid adalah ilmu yang memfokuskan pada bacaan dan pelafalan huruf hijaiyah. Metode thoriqoty yang diterapkan pada (LPPQ) Metode Thoriqoty Cabang Kepatihan Tulungagung ini sangat membantu peserta didik yang kebanyakan pada lembaga ini adalah orang dewasa untuk tetap belajar membaca Al-Qur’an dengan kaidah ilmu tajwid secara berjenjang. Hal ini adalah sesuatu yang sangat menarik didalam pendidikan nonformal, karena melalui metode thoriqoty peserta didik dapat bisa lebih efektif dalam belajar memahami dan membaca dengan benar serta tepat sesuai kaidah ilmu tajwid. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran al-Qur’an Pada Orang Dewasa Melalui Metode Thoriqoty dengan Teknik Klasikal Murni dan Baca Simak di Lembaga Pendidikan Pendidikan al-Qur’an (LPPQ) Metode Thoriqoty Cabang Kepatihan Tulungagung? (2) Bagaimana Untuk mendeskripsikan Persepsi Auditif Pembelajaran Al-Qur’an pada Orang Dewasa Melalui Metode Thoriqoty di Lembaga Pendidikan Pendidikan al-Qur’an (LPPQ) Metode Thoriqoty Cabang Kepatihan Tulungagung Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran al-Qur’an Pada Orang Dewasa Melalui Metode Thoriqoty dengan Teknik Klasikal Murni dan Klasikal Baca Simak di Lembaga Pendidikan Pendidikan al-Qur’an (LPPQ) Metode Thoriqoty Cabang Kepatihan Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan Persepsi Auditif Pembelajaran Al-Qur’an pada Orang Dewasa Melalui Metode Thoriqoty di Lembaga Pendidikan Pendidikan al-Qur’an (LPPQ) Metode Thoriqoty Cabang Kepatihan Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilaksanakan melalui Perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat dan tringulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an pada Orang Dewasa Melalui Metode Thoriqoty di Lembaga Pendidikan Pendidikan al-Qur’an (LPPQ) Metode Thoriqoty Cabang Kepatihan Tulungagung dimulai dari Perencanaan yaitu dengan mempersiapkan silabus, Perencanaan juga Mempersiapkan guru-guru yang berstandar, pengarahan dari lembaga pusat, mempersiapkan materi, metode dan media Persiapan lanjutan yaitu mempersiapkan pengadakan uji kemampuan peserta didik pada setiap kenaikan jilid setelah itu dilanjutkan pada program pengayaan dan remidi Metode Thoriqoty dengan pendekatan klasikal murni yaitu terdapat pada kegiatan pembelajaran Al-Quran yang dimulai do’a pembukaan pembelajaran dan nalaran materi Thoriqoty, yang penting dan harus selalu diingat oleh peserta didik seperti materi ghorib musykilat dan tajwid menggunakan lagu Rosm Usmany Madinah. Metode Thoriqoty dalam pembelajaran Al-Quran dengan pendekatan klasikal baca simak individual yaitu pembelajaran apersepsi atau pengulangan materi Al-Quran untuk pemantapan siswa secara bergiliran membaca dengan menggunakan buku Thoriqoty. Baca simak kelompok dipraktikan oleh peserta didik secara bergantian melalui sistem mengajar yang dilakukan dengan menggunakan sebagian waktu untuk klasikal kelompok dan sebagian waktu yang lain untuk klasikal individual. Evaluasi pembelajaran dilakukan pengajar dilaksanakan setiap pertemuan dan setiap kenaikan jilid, marhalah ataupun qiro’ah sab’ah(2) Persepsi Auditif dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Orang Dewasa Melalui Metode Thoriqoty di Lembaga Pendidikan Pendidikan al-Qur’an (LPPQ) Metode Thoriqoty Cabang Kepatihan Tulungagung berkaitan dengan kemampuan otak untuk memproses dan menginterpretasikan berbagai bunyi atau suara yang didengar oleh telinga. Penyampaian materi berupa hukum-hukum, tajwid, sifat huruf dan makhraj huruf ini dilaksanakan secara tatap muka dengan mempraktikkan melalui bunyi atau suara yang akan diterima oleh peserta didik. Persepsi auditif memiliki 3 tahapan yaitu stimulus atau rangsangan, registrasi dan interpretasi, sehingga dalam praktik pembelajaran melalui metode thoriqoty ketiganya sangat relevan dan saling berikatan. Adapun faktor dari pesepsi auditif dalam pembelajaran ini adalah perhatian, kesiapan mental, kebutuhan, sistem nilai dan tipe kepribadian dimana kesemua faktor ini dapat difahami oleh pengajar pada pembelajaran menggunakan metode thoriqoty. Dilihat dari hasil pembelajaran menggunakan metode thoriqoty ini sangat baik, ditandai dengan peserta didik yang sebelumnya belum menguasi praktik membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar setelah mengikuti pembelajaran selama masa pembelajaran dapat menguasi baik praktik maupun tajwidnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163447 MUHAMAD SHOLEHUDIN KURNIAWAN |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 04:17 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 04:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42977 |
Actions (login required)
View Item |