GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KINERJA PEGAWAI DI SMP NEGERI 3 KALIDAWIR

RAHMA PUTRI GITA APRILIA, 12207193073 (2023) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KINERJA PEGAWAI DI SMP NEGERI 3 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Kinerja Pegawai di SMP Negeri 3 Kalidawir” ini ditulis oleh Rahma Putri Gita Aprillia, NIM. 12207193073, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing langsung oleh ibu Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Pegawai. Dilatar Belakang Proses kepemimpinan kepala sekolah berkaitan dengan gaya kepemimpinan yang digunakannya. Melalui gaya kepemimpinan itulah seorang pemimpin akan mampu mentransfer beberapa nilai seperti penekanan pada kelompok, dukungan guru-guru maupun karyawan, toleransi terhadap resiko, kriteria pengubahan dan sebagainya. Pada lain sisi pegawai akan membentuk suatu persepsi subyektif mengenai dasar-dasar nilai dalam organisasi sesuai dengan nilai-nilai yang ingin disampaikan pimpinan melalui gaya kepemimpinannya. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di SMP Negeri 3 Kalidawir sebagai objek penelitian yang memiliki kepemimpinan kepala sekolah yang dapat membangun motivasi kinerja tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan dengan baik dan dapat membangun citra yang baik bagi lembaga yang dipimpinnya sehingga banyak masyarakat yang melihat bahwa lembaga pendidikan tersebut baik dari segi kinerja tenaga pendidik maupun kependidikan, sarana dan prasarana dan administrasi. Dengan Fokus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun kinerja tenaga pendidik? 2) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun kinerja tenaga kependidikan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 3 Kalidawir dalam membangun kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan model analisis data naratif dari Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data model uji kredibilitas yang peneliti gunakan adalah triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil Penelitian : Hasil dari penelitian ini meliputi 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun kinerja tenaga pendidik yang digunakan adalah gaya kepemipinan demokratis dan otoriter/ otokratis, tidakan yang dilakukan merupakan penerapan dari gaya kepemimpinan demokratis, seperti: Mengadakan MGMPS tiap awal semester, membuat sebuah program supervisi dan evaluasi setiap 1 semester sekali, memberikan tauladan atau contoh dalam hal tentang ketertiban, kedisiplinan dan lain sebagainya, memberikan motivasi dalam hal bekerja keras dan memiliki daya semangat yang tinggi. tidakan yang dilakukan merupakan penerapan dari gaya kepemimpinan otoriter/ otokratis, yaitu: mengadakan workshop setiap 1 semester terkait dengan penggunaan IT atau model-model pembelajaran. 2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun kinerja tenaga kependidikan yang digunakan adalah gaya kepemipinan demokratis dan otoriter/ otokratis, tidakan yang dilakukan merupakan penerapan dari gaya kepemimpinan demokratis, seperti: Mengadakan rapat setiap awal tahun pelajaran dan dibuatkan SK pembagian tugas, menempatkan para tenaga kependidikan sesuai dengan tupoksinya, mengadakan rapat pembinaan secara berkala, menerapkan bentuk akuntabilitas dan tranparansi pada administrasi keuangan. Tidakan yang dilakukan merupakan penerapan dari gaya kepemimpinan otoriter/ otokratis, seperti: melakukan pendidikan dan latihan, khususnya pada bidang kependidikan di lingkungan SMP Negeri 3 Kalidawir dan melakukan pembinaan (bimbingan teknis) kepada tenaga kependidikan yang mengelola data pegawai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kinerja Pegawai
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193073 RAHMA PUTRI GITA APRILLIA
Date Deposited: 05 Jan 2024 10:36
Last Modified: 05 Jan 2024 10:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42988

Actions (login required)

View Item View Item