PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Multi Situs di MI Bani Ridwan Grogol Kediri dan MI Islamiyah Banjarmlati Kota Kediri)

FADILA FEBRIYANTI, 12850521009 (2024) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Multi Situs di MI Bani Ridwan Grogol Kediri dan MI Islamiyah Banjarmlati Kota Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Penerapan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an (Studi Multi Situs di MI Bani Ridwan Grogol Kediri dan MI Islamiyah Banjarmlati Kota Kediri)” ini ditulis oleh Fadila Febriyanti dengan dibimbing oleh Dr. Muhamad Zaini, M.A. dan Dr. Luk-luk Nur Mufidah, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan, Metode Tilawati, Keterampilan Membaca Al-Qur’an. Kemajuan teknologi dapat mempengaruhi kehidupan setiap orang, khususnya pada siswa sekolah dasar. Membaca Al-Qur’an adalah kewajiban untuk mencapai hidup yang damai dengan tidak bersikap acuh terhadap pekembangan teknologi. Pembelajaran Al-Qur’an harus diresapi untuk merespon kebutuhan masa depan. Metode tilawati dapat diterapkan pada siswa sekolah dasar yang pada masa itu siswa mengalami masa keemasan (golden age). Salah satu potensi yang harus dimiliki adalah belajar membaca Al-Qur’an dengan metode tilawati untuk meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an sejak usia dasar. Siswa dapat menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki melalui metode tilawati sebagai bekal kebutuhan masa mendatang. Fokus penelitian tesis ini adalah: 1) pendekatan penerapan metode tilawati dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di MI Bani Ridwan Grogol Kediri dan MI Islamiyah Bajarmlati Kota Kediri, 2) teknik penerapan metode tilawati dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di MI Bani Ridwan Grogol Kediri dan MI Islamiyah Bajarmlati Kota Kediri, dan 3) evaluasi penerapan metode tilawati dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di MI Bani Ridwan Grogol Kediri dan MI Islamiyah Bajarmlati Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan mulai analisis data situs tunggal dan analisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pendekatan penerapan metode tilawati melalui: a) pendekatan klasikal melalui alat peraga untuk melatih keterampilan penyamaan irama rost pada awal pembelajaran, b) pendekatan individual melalui baca simak (basimak) secara seimbang untuk melatih pembelajaran menjadi khidmat dan terampil (cekat, cepat, dan tepat). 2) teknik penerapan metode tilawati meliputi: a) teknik dasar (guru membaca siswa mendengarkan, guru membaca siswa menirukan, guru dan siswa membaca sama-sama) untuk melatih kemampuan baik membaca Al-Qur’an yang cermat dan terampil, b) teknik irama rost (nada datar, naik, turun) untuk melatih kecakapan memperhatikan fashahah, tajwid, dan irama serta melatih kemampuan membaca tartil. 3) evaluasi penerapan metode tilawati meliputi: a) evaluasi pre test (assessment awal) untuk menciptakan keterampilan belajar membaca Al-Qur’an seiring waktu, b) evaluasi harian untuk melatih peningkatan kecakapan setiap hari, c) evaluasi kenaikan jilid memperhatikan fashahah, tajwid, dan irama serta materi penunjang metode tilawati.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521009 FADILA FEBRIYANTI
Date Deposited: 05 Jan 2024 10:03
Last Modified: 05 Jan 2024 10:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43005

Actions (login required)

View Item View Item