PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGIS SISWA KELAS VII MTSN 10 BLITAR

LUTFIATUL AZIZAH, 12204193105 (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGIS SISWA KELAS VII MTSN 10 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Analogis Siswa Kelas VII MTsN 10 Blitar" ini ditulis oleh Lutfiatul Azizah NIM 12204193105 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan dibimbing oleh Miswanto,M.Pd. Kata kunci : Motivasi Belajar, Kecemasan Matematika, Berpikir Analogis Fenomena adanya kecemasan pada siswa saat pembelajaran matematika dapat mempengaruhi kemampuan berpikir siswa. Dalam hal ini motivasi belajar sangat diperlukan siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Dalam pembelajaran matematika siswa diharuskan menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satunya kemampuan berpikir analogis. Kemampuan berpikir analogis pada pembelajaran matematika di sekolah masih kurang mendapatkan perhatian. Peneliti menghubungkan masalah motivasi belajar dan kecemasan matematika dengan kemampuan berpikir analogis siswa kelas VII MTsN 10 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir analogis siswa kelas VII MTsN 10 Blitar, (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir analogis siswa kelas VII MTsN 10 Blitar dan (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir analogis siswa kelas VII MTsN 10 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 10 Blitar. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel yang diperoleh adalah kelas VII B dan VII C. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir analogis siswa Metode angket digunakan untuk mengetahui motivasi belajar dan kecemasan matematika siswa.. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana, dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi sederhana. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir analogis siswa kelas VII MTsN 10 Blitar berdasarkan tingkat signifikansi . Ada pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir analogis siswa kelas VII MTsN 10 Blitar berdasarkan tingkat signifikansi . Besar pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir analogis adalah sebesar 15,3%. Sedangkan besar pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan berpikir analogis adalah sebesar 21,1%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193105 LUTFIATUL AZIZAH
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:51
Last Modified: 16 Jan 2024 08:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43023

Actions (login required)

View Item View Item