PENGARUH KETERSEDIAAN MODAL, TENAGA KERJA, DAN BAHAN BAKU TERHADAP JUMLAH PRODUKSI DENGAN LAMA WAKTU PRODUKSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus di UD. Wahyu Abadi Kelurahan Sembung Kabupaten Tulungagung)

FAREL NURENO HAIDARAFIF, 12403193172 (2024) PENGARUH KETERSEDIAAN MODAL, TENAGA KERJA, DAN BAHAN BAKU TERHADAP JUMLAH PRODUKSI DENGAN LAMA WAKTU PRODUKSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus di UD. Wahyu Abadi Kelurahan Sembung Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Ketersediaan Modal, Tenaga Kerja, dan Bahan Baku Terhadap Jumlah Produksi Dengan Lama Waktu Produksi Sebagai Variabel Moderating ” ini ditulis oleh Farel Nureno Haidarafif NIM. 12403193172, Program Studi Akuntansi Syariah Jurusan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Sri Dwi Estiningrum, S.E., Ak., M.M., C.A.. Keberlangsungan hidup perusahaan manufaktur sangat ditentukan oleh kapasitas produksinya. Besarnya kapasitas produksi bergantung pada kemampuan perusahaan dalam menyediakan modal, tenaga kerja, bahan baku serta lama waktu produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh ketersediaan modal terhadap jumlah produksi, (2) Pengaruh tenaga kerja terhadap jumlah produksi, (3) Pengaruh bahan baku terhadap jumlah produksi, (4) Pengaruh lama waktu produksi terhadap jumlah produksi, (5) Pengaruh ketersediaan modal terhadap lama waktu produksi, (6) Pengaruh tenaga kerja terhadap lama waktu produksi, (7) Pengaruh bahan baku terhadap lama waktu produksi, (8) Pengaruh ketersediaan modal terhadap jumlah produksi dengan lama waktu produksi sebagai variabel moderating, (9) Pengaruh tenaga kerja terhadap jumlah produksi dengan lama waktu produksi sebagai variabel moderating, dan (10) Pengaruh bahan baku terhadap jumlah produksi dengan lama waktu produksi sebagai variabel moderating. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif asosiatif dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Jumlah data yang digunakan bersifat time series 30 data produksi harian pada bulan April hingga bulan Mei 2023. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi serta menganalisis data menggunakan software SPSS 25.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Ketersediaan modal usaha secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap jumlah produksi, (1) Tenaga kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah produksi, (3) Bahan baku secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah produksi, (4) Lama waktu produksi secara parsial tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap jumlah produksi, (5) Ketersediaan modal usaha secara parsial tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap lama waktu produksi, (6) Tenaga kerja secara parsial tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap lama waktu produksi, (7) Bahan baku secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap lama waktu produksi, (8) Lama waktu produksi memiliki pengaruh positif dan signifikan kepada ketersediaan modal usaha terhadap jumlah produksi, (9) Lama waktu produksi memiliki pengaruh positif dan signifikan kepada tenaga kerja terhadap jumlah produksi, dan (10) Lama waktu produksi berpengaruh positif dan signifikan kepada bahan baku terhadap jumlah produksi. Kata kunci: Modal, Tenaga Kerja, Bahan Baku, Jumlah Produksi, Lama Waktu Produksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193172 FAREL NURENO HAIDARAFIF
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:13
Last Modified: 08 Jan 2024 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43044

Actions (login required)

View Item View Item