STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI SMP TERPADU TARBIYATUNNASYIIN PACULGOWANG DIWEK JOMBANG

NAJIBULLOH, 12201173138 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI SMP TERPADU TARBIYATUNNASYIIN PACULGOWANG DIWEK JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an pada Siswa Kelas VII di SMP Terpadu Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Diwek Jombang” ini ditulis oleh Najibulloh, NIM. 12201173138, dosen pembimbing Saiful Bahri, S. Ag., M. Pd. I. Kata Kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Minat Belajar Kemajuan teknologi saat ini memudahkan kita untuk mencari dan bertukar informasi. Melalui jaringan internet dan media sosial segala macam informasi mudah di akses salah satunya di dunia pendidikan. Berbagai aplikasi bisa di akses di sistem smartphone salah satunya aplikasi Al-Qur’an. Dengan demikian maka semestinya Al-Qur’an yang telah tertera dalam sistem smartphone dapat menambah porsi waktu membaca Al-Qur’an. Akan tetapi faktanya justru saat ini banyak yang membuang waktu berselancar di dunia maya serta minim membaca dan mendalami Al-Qur’an. Berdasarkan fakta tersebut bagaimana strategi guru dalam mengoptimalisasikan minat belajar Al-Qur’an terhadap siswa di SMP Terpadu Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Diwek Jombang. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an pada siswa kelas VII melalui Metode Ummi di SMP Terpadu Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Diwek Jombang? (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an pada siswa kelas VII melalui Metode Pembiasaan di SMP Terpadu Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Diwek Jombang? (3) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an pada siswa kelas VII melalui Metode Hafalan di SMP Terpadu Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Diwek Jombang? Adapun menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an pada siswa kelas VII melalui Metode Ummi di SMP Terpadu Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Diwek Jombang (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pai dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an pada siswa kelas VII melalui Metode Pembiasaan di SMP Terpadu Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Diwek Jombang (3) Untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an pada siswa kelas VII melalui Metode Hafalan di SMP Terpadu Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Diwek Jombang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian di SMP Terpadu Tarbiyatunnasyiin Paculgowang Diwek Jombang, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis non statistik atau analisis deskriptif kualitatif. Kemudian tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap pralapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian : (1) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar AlQur’an siswa melalui metode Ummi yakni guru dituntut untuk kreatif dalam mengelolah kelas dan guru juga harus aktif agar dapat menciptakan kondisi kelas yang nyaman dan menyenangkan, (2) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an siswa melalui metode pembiasaan dilaksanakan setiap pagi setelah shalat dhuha dan dilakukan secara Bersama-sama, dengan tujuan untuk melatih serta membiasakan siswa secara konsisten dan kontinyu dengan sebuah tujuan, (3) Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an siswa melalui metode hafalan memiliki tujuan untuk menumbuhkan minat baca siswa dan lebih giat dalam belajar Al-Qur’an, guru juga memotivasi siswa agar menumbuhkan keinginan menghafal siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173138 NAJIBULLOH
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:21
Last Modified: 08 Jan 2024 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43053

Actions (login required)

View Item View Item