PENGARUH MEDIA PUZZLE SEGGITIGA PASCAL TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA MATERI ALJABAR DI SMPN2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MIFTAKHUS SA'ADAH, 12204193147 (2023) PENGARUH MEDIA PUZZLE SEGGITIGA PASCAL TERHADAP LITERASI NUMERASI SISWA MATERI ALJABAR DI SMPN2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Miftakhus Sa’adah, 12204193147, “Pengaruh Puzzle Segitiga Pascal Terhadap Literasi Numerasi Siswa Materi Aljabar di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung”. Program studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Puzzle Segitiga Pascal, Literasi Numerasi, Aljabar. Tingginya perkembangan IPTEK membuat kualitas sumber daya yang diperlukan juga meningkat. Untuk itu masyarakat sekarang harus memiliki kemapuan literasi dasar, salah satunya adalah literasi numerasi. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung, ditemukan banyak siswa yang kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Sehingga siswa kurang memahami konsep matematika dasar yang mengakibatkan siswa kurang mampu dalam menggunakan penalarannya pada saat menganalisis suatu permasalahan. Untuk itu media pembelajaran puzzle dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran pada materi aljabar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle segitiga pascal terhadap literasi numerasi siswa materi aljabar di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung dan seberapa besar pengaruh penggunaan media puzzle segitiga pascal terhadap literasi numerasi siswa materi aljabar di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment), sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir dengan jumlah 90 siswa, sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII A dengan jumlah 22 siswa dan siswa kelas VII B dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan cohen’s, yang sebelumnya diuji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh: (1) hasil uji t nilai posttest literasi numerasi siswa materi aljabar diperoleh nilai sig. 0.035<0.05. (2) hasil uji Cohen’s diperoleh nilai 0.7 atau setara dengan 76%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle segitiga pascal terhadap literasi numerasi siswa materi aljabar di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung yaitu sebesar 0.7 atau 76% dengan kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193147 MIFTAKHUS SA'ADAH
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:36
Last Modified: 08 Jan 2024 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43088

Actions (login required)

View Item View Item