PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MTS AL HIKMAH SAMBENG LAMONGAN

SOVIANA SEPTI AYUNI, 12201173089 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MTS AL HIKMAH SAMBENG LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di Mts Al-Hikmah Sambeng Lamongan” ini ditulis oleh Soviana Septi Ayuni, NIM. 12201173089, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Ramatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Membentuk Karakter Disiplin Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa peran guru Akidah AKhlak sangatlah penting dalam membentuk karakter disiplin peserta didik. Karena karakter disiplin erat kaitannya dengan tingkah laku terpuji. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik, karena guru Akidah Akhlak memberikan perannya dalam membina akhlakul karimah secara langsung kepada peserta didik di sela-sela mata pelajaran akidah akhlak. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk karakter disiplin Peserta didik di Mts Al-Hikmah Sambeng Lamongan? (2) Faktor Apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di Mts Al-Hikmah Sambeng Lamongan? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesunpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) peran guru Akidah Akhlak di Mts Al-Hikmah Sambeng Lamongan sudah berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya bentuk-bentuk karakter disiplin siswa yang peneliti temukan dilapangan diantaranya; Disiplin menegakkan aturan; Disiplin waktu; Dan disiplin beribadah. (2) faktor penghambat dan faktor pendukung memiliki peran aktif baik diluar maupun didalam kelas, cara guru dalam membangun kedisiplinan siswa dengan cara menanamkan nilai-nilai positif dengan pembiasaan yang penanaman Akhlak secara umum tersebut sudah terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173089 SOVIANA SEPTI AYUNI
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:03
Last Modified: 09 Jan 2024 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43098

Actions (login required)

View Item View Item