STRATEGI PROMOSI PRODUK BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus Baitul Maal Wat Tamwil UGT Nusantara Kesamben Blitar Dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung)

DESY YULIA LATIFAH, 12401193113 (2024) STRATEGI PROMOSI PRODUK BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus Baitul Maal Wat Tamwil UGT Nusantara Kesamben Blitar Dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (755kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Promosi Produk Baitul Maal Wat Tamwil dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Baitul Maal Wat Tamwil UGT Nusantara Kesamben dan Baitul Maal Wat Tamwil Istiqomah Tulungagung)” ini ditulis oleh Desy Yulia Latifah, NIM. 12401193113, Dosen pembimbing Bapak Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Berdasarkan data yang bersumber dari BPS menyebutkan bahwasanya perkembangan jumlah lembaga keuangan mikro syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan pada setiap tahunnya Sedangkan data dilapangan menunjukkan bahwsa terdapat penurunan jumlah nasabah di BMT UGT Nusantara Kesamben dan BMT Istiqomah Tulungagung pada tiga tahun terakhir. Ini merupakan suatu hal yang harus menjadi perhatian khusus pihak BMT. Oleh sebab itu, maka BMT UGT Nusantara Kesamben dan BMT Istiqomah Tulungagung harus mampu menciptakan strategi promosi yang tepat agar mampu menghadapi persaingan bisnis perbankan yang semakin ketat. Maka dari itu penelitian ini akan menganalisa bagaimana strategi promosi yang digunakan oleh BMT UGT Nusantara Kesamben dan BMT Istiqomah Tulungagung, dan bagiaman dampaknya terhadap peningkatan jumlah nasabahnya, serta apa saja kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi promosi. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif.. penelitian ini dilakukan di BMT UGT Nusantara Kesamben dan BMT Istiqomah Tulungagung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap selanjutnya, data yang telah terkumpul akan dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik kondensasi, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi promosi yang digunakan oleh BMT UGT Nusantara Kesamben dan BMT Istiqomah tulungagung antara lain: strategi periklanan, personal selling, publisitas dan promosi penjualan. 2) seluruh strategi yang digunakan memberikan dampak terhadap peningkatan jumlah nasabah, namun strategi promosi yang paling memberikan dampak besar terhadap peningkatan jumlah nasabah di BMT UGT Nusantara capem Kesamben dan BMT Istiqomah Tulungagung adalah strategi personal selling (penjualan langsung). 3) kendala yang dihadapi adalah persaingan bisnis yang ketat, kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas, minimnya pemahaman masyarakat tentang BMT, dan kondisi ekonomi global. Kata Kunci: strategi, promosi, BMT, nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193113 DESY YULIA LATIFAH
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:36
Last Modified: 09 Jan 2024 01:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43099

Actions (login required)

View Item View Item