PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK DI MA AL-MUSLIHUN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

RISCA RAMADHANI FITRIANINGRUM, 12201183453 (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK DI MA AL-MUSLIHUN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Penggunaan Media Sosial Pada Peserta Didik di MA Al- Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Risca Ramadhani Fitrianingrum, NIM. 12201183453, Prodi Pendidikan Guru Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: Peran Guru Sebagai Teladan, Pembimbing dan Fasilitator, Media Sosial Penggunaan media sosial dalam menunjang proses pembelajaran dinilai efisien karena dalam menyampaikan media pembelajaran ke peserta didik dengan menggunakan media sosial bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dalam pembelajaran secara daring, pemanfaatan media sosial bisa dilihat sejauh mana penggunaa media sosial untuk pembelajaran tersebut berhasil bagi peserta didik. Sejalan dengan perkembangan teknologi, penggunaan media pembelajaran didunia pendidikan semakin luas dan interaktif yang bisa disesuaikan oleh kreatifitas pendidik dan kondisi peserta didik di kelas khususnya di MA Al- Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam penggunaan sosial media pada peserta didik di MA Al- Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam penggunaan media sosial pada peserta didik di MA Al- Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam penggunaan media sosial pada peserta didik di MA Al- Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder melalui laporan dan buku pedoman serta pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru akidaha khlak sebagai teladan dalam penggunaan sosial media pada peserta didik di MA Al- Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung adalah dengan mempraktekkan nlai-nilai agama dan moral dengan membiasakan apel pagi dan membaca surat pendek sebelum mengawali pembelajaran serta melaksanakan sholat dhuha. Guru sebagai teladan dapat membantu peserta didik untuk menjadi pengguna media sosial yang bertanggung jawab dengan menghindari perilaku tidak etis dalam menggunakan media sosial. 2) Peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam penggunaan media sosial pada peserta didik di MA Al- Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung adalah dengan memberikan pengarahan dan membimbing peserta didik dalam menggunakan media sosial agar memahami cara yang benar dalamm menggunakan media sosial dan meminimalisir resiko dari dampak negative media sosial. Memberikan konten yang relevan dalam proses pembelajaran yang dilakukan baik secar online maupun tatap muka serta mengarahkan peserta didik dalam mencari sumber belajar di media sosial. 3) Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam penggunaan media sosial pada peserta didik di MA Al- Muslihun Tunggangri Kalidawir Tulungagung diantaranya menyediakan fasilitas yang menunjang proses pemelajaran menggunakan media sosial seperti wifi, lab komputer. Memberikan arahan untuk menggunakan fasilitas yang disediakan oleh sekolah dengan bijak dan memberikan pemahaman pada peserta didik melalui kegiatan dalam pembelajaran serta memiliki kompetensi dalam menyikapi perbedaan individual peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Media Sosial
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183453 RISCA RAMADHANI FITRIANINGRUM
Date Deposited: 10 Jan 2024 10:40
Last Modified: 10 Jan 2024 10:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43120

Actions (login required)

View Item View Item