STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

SHAHRUL RAMADHAN, 17201163309 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama islam merupakan ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu guru harus mempunyai strategi dalam menigkatkan efektifitas belajar peserta didik. Guru diharapkan mempunyai beberapa strategi yang bisa menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif. Untuk mencapai tujuan yang maksimal dan terarah maka diperlukanlah seorang guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode, maupun media pembelajaran yang sesuai dengan mata pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung ? (3) Bagaimana dampak strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-studi kasus dengan lokasi di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Teknik yang dilakukan untuk memperoleh data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil Penelitian ini: (1) Perencanaan strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung yaitu dengan menggunakan berbagai strategi dan metode pembelajaran seperti ceramah, tanya jawab, kelompok, sarana dan prasarana yang memadai (2) Pelaksanaan strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung yaitu keluarga tidak mendukung, kondisi peserta didik itu sendiri seperti konsidi fisik, kondisi psikologis, lingkungan, sarana dan prasarana yang memadai sarana sarana buku materi pelajaran yang memadai, proyektor, komputer, meja, papan, kursi. Prasarana seperti ruangan belajar yang nyaman, masjid, perpustakaan. (3) Evaluasi strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut Tulungagung yaitu Dampak dari menggunakan strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik sangat membantu peserta didik dalam memahami materi yang telah di sampaikan oleh guru dan menjadikan suasana kelas yang kondusif dan efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163309 SHAHRUL RAMADHAN
Date Deposited: 10 Jan 2024 10:44
Last Modified: 10 Jan 2024 10:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43121

Actions (login required)

View Item View Item