MANAJEMEN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIQ ZAKAT (Studi Kasus Di Baznas Kabupaten Tulungagung)

FITRI HAYATUL HUSNAH, 12404193071 (2024) MANAJEMEN BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIQ ZAKAT (Studi Kasus Di Baznas Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER,,.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Mustahiq Zakat (Studi Kasus Di Baznas Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Fitri Hayatul Husnah, NIM 12404193071, Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bimbing oleh bapak Dr. Suminto, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa peran badan amil zakat nasional dalam pemberdayaan ekonomi akan menghasilkan suatu kinerja lembaga zakat yang membanggakan. Dalam hal ini setiap lembaga zakat mampu meningkatkan ekonomi mustahik. Selain itu, pemberdayaan dipergunakan untuk suatu kekuatan agar dapat memberikan suatu perubahan, sehingga seorang mustahiq dapat menerima dampak positif dari pemberdayaan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi melalui manajemen BAZNAS Kabupaten Tulungagung dalam pemberdayaan ekonomi mustahiq zakat. Penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu: Bagaimana perencanaan BAZNAS dalam pemberdayaan ekonomi mustahiq zakat di Kabupaten Tulungagung? Bagaimana pelaksanaan BAZNAS dalam pemberdayaan ekonomi mustahiq zakat di Kabupaten Tulungagung? Bagaimana evaluasi BAZNAS dalam pemberdayaan ekonomi mustahiq zakat di Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara studi, dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penilitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan kondensasi data, penyajian data, data penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan manajemen dalam pemberdayaan ekonomi mustahiq zakat terdapat 3 hal yaitu: berdasarkan perencanaan dalam BAZNAS Kabupaten Tulungagung pada suatu program kerja meliputi penyusunan RKAT dalam kegiatan pendistribusian yang produktif dan konsumtif. Berdasarkan pelaksanaan dalam BAZNAS Kabupaten Tulungagung adanya program pada bidang ekonomi PK-5 bagi seorang mustahiq yang dilakukan secara berkelompok minimal 5 orang. Berdasarkan evaluasi dalam BAZNAS Kabupaten Tulungagung meningkatkan kualitas dan mutu SDM secara khusus dalam mendampingi seorang mustahiq pada program PK-5. Kata Kunci: BAZNAS Kabupaten Tulungagung, Manajemen, Mustahiq, Pemberdayaan Ekonomi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404193071 FITRI HAYATUL HUSNAH
Date Deposited: 12 Jan 2024 01:12
Last Modified: 12 Jan 2024 01:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43124

Actions (login required)

View Item View Item