SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PENDIDIK DI SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

RIZAL NURKOLIS, 12207193048 (2024) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PENDIDIK DI SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Supervisi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Tenaga Pendidik di SMKN 1 Bandung Tulungagung”, ditulis oleh Rizal Nurkolis NIM. 12207193048. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. H. Maduki, M.Ag Kata Kunci : Supervisi, Kepala Sekolah, Kompetensi Pendidik Pendidikan merupakan hal yang sangat penting karena dengan pendidikan dapat mencerdaskan kehidupan dan dapat membentuk watak bangsa. Dalam dunia pendidikan, peran tenaga pendidik sangatlah penting, untuk mencerdaskan kehidupan anak didik dan tanggung jawab atas sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam yang baik bagi nusa dan bangsa. Untuk membantu meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru, supervisi pendidikan tidak lain merupakan usaha memberikan layanan kepada stakeholder pendidik, terutama kepada tenaga pendidik, baik secara individu maupun secara kelompok dalam usaha memperbaiki kualitas proses dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi tenaga pendidik di SMKN 1 Bandung dengan fokus penelitian;1)Bagaimana perencanaan supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi tenaga pendidik di SMKN 1 Bandung Tulungagung?; 2) Bagaimana impelemtasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi tenaga pendidik di SMKN 1 Bandung Tulungagung?; 3) Bagimana evaluasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pendidik di SMKN 1 Bandung Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kurikulum, guru, pelaksana supervisor. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; 1) perencanaan supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi tenaga pendidik di SMKN 1 Bandung Tulungagung dengan perencanaan diawal tahun pembelajaran, penentuan tujuan, waktu pelaksanaan supervisi. 2) Implementasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pendidik di SMKN 1 Bandung Tulungagung dengan melaksanakan supervisi akademik dan supervisi klinis, tenaga pendidik untuk senantiasa mengikuti pengembangan diri melalui pelatihan-pelatihan, mendampingin, mengawasi serta memotivasi sesuai dengan kebutuhan tenaga pendidik, menyusun program pelatihan dan pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan tenaga. 3) evaluasi supervisi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pendidik di SMKN 1 Bandung Tulungagung dengan supervisi sudah terjadwal dan teragendakan, memberikan pelatihan, memberikan motivasi dan dorongan kepada tenaga pendidik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193048 RIZAL NURKOLIS
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:48
Last Modified: 11 Jan 2024 08:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43148

Actions (login required)

View Item View Item