PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI MTS DARUSSALAM ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

RIZKA SALSABILA, 12201183116 (2024) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK DI MTS DARUSSALAM ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Sopan Santun Peserta Didik di MTs Darussalam Aryojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Rizka Salsabila, NIM. 12201183116, Dosen pembimbing Dr. Mohammad Ja’far Ashodiq, S.Kom., M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Karakter, Sopan Santun Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah sikap sopan santun khususnya diakalangan pelajar. Contohya berbicara kotor, kurang sopan terhadap guru, kurang menghormati teman sebayanya. Hal ini disebabkan oleh faktor pergaulan dilingkungan mereka tinggal., maka dari itu perlu peran dari para pendidik di lembaga sekolah untuk mengembangan karakter sopan santun peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai teladan dalam pengembangan karakter sopan santun peserta didik di MTs Darussalam Aryojeding Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam pengembangan karakter sopan santun peserta didik di MTs Darussalam Aryojeding Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam pengembangan karakter sopan santun peserta didik di MTs Darussalam Aryojeding Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitiannya di MTs Darussalam Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, data display, dan verifikasi/ penyimpulan data. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru sebagai teladan dalam mengembangkan karakter sopan santun peserta didik adalah dengan memberi contoh yang baik kepada peserta didik, guru memberi contoh dalam bertutur kata, berpakaian, dan berperilaku yang baik kepada peserta didik. Guru tidak hanya mengajak atau memerintahnya peseta didik saja, tetapi ikut melaksanakannya (memberi contoh secara langsung). (2) Peran Guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan karakter sopan santun di MTs Darussalam dilakukan melalui Pembinaan tata tertib atau peraturan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, olahraga, serta sholawat. Menerapkan sistem 5S (Senyum, salam, sapa, sopan dan santun). Pembinaan kegiatan keagamaan yang meliputi kegiatan, tadarus al–Qur’an sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, kegiatan tahlil setiap hari Jum’at, pondok ramadhan, qurban, infaq mingguan, serta kegiatan PHBI. Memberikan pelayanan khusus melalui kegiatan bimbingan dan konseling. (3) Peran Guru sebagai motivator dalam mengembangkan karakter sopan santun di MTs Darussalam dilakukan dengan guru bersikap terbuka, menunjukkan perhatian, sikap ramah serta pengertian terhadap peserta didik. Memberi kritikan yang positif. Memberi pujian yang wajar. Menciptakan persaingan antara peserta didik. Serta memberikan mereka penilaian dan reward atau penghargaan untuk peserta didik. xv

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183116 Rizka Salsabila
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:32
Last Modified: 23 Jan 2024 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43168

Actions (login required)

View Item View Item