MOHAMMAD FAISOL ROZIQIN, 17201163151 (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISTIK BERBASIS ANDROID DI SMPN 2 NGANTRU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Konstruktivistik Berbasis Android Di SMPN 2 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Mohammad Faisol Roziqin, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Penerapan, Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Konstruktivistik, Android Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena mata pelajaran PAI dimana nilai-nilai ajaran atau materinya kurang terimplementasi di kehidupan sehari-hari peserta didik. Selain itu, pandangan tentang mata pelajaran PAI yang masih dianggap pelajaran yang sarat akan dogma dan indoktrinasi, kurang memberikan rasa kreatif dan menarik sehingga siswa kurang bersemangat mengikuti pelajaran ini. Studi ini disusun dengan maksud untuk menjawab permasalahan: tentang bagaimana penerapan pembelajaran PAI yang dapat menanamkan nilai-nilai ajarannya secara baik dan dapat menarik antusiasme peserta didik. Melalui pendekatan konstruktivistik dengan memanfaatkan media android berupa aplikasi- aplikasi yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran seperti whatsapp, google classroom dan lainnya. Dengan memfokuskan penelitian pada proses perencanaan pembelajaran, kemudian pada proses pelaksanaan pembelajaran yang telah direncanakan, hingga sampai pada proses penilaian pembelajaran sebagai tahap akhir kegiatan belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang mana terdapat beberapa tahapan yang harus dilaksanakan dalam penelitian mulai dari tahap identifikasi, klasifikasi, kemudian diinterpretasikan. Serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah adanya penerapan pendekatan konstruktivistik dalam kegiatan pambelajaran daring PAI dengan menggunakan media android di SMPN 2 Ngantru. Yang menekankan pembelajaran dengan peningkatan partisipasi peserta didik secara aktif, kreatif serta problem solver dalam pembelajaran dan dalam memecahkan masalah. Adapun tugas seorang guru adalah sebagai fasilitator, inspirator, evaluator serta motivator. Detailnya penerapan pendekatan konstruktivistik tersebut terinci di dalam tahap-tahap kegiatan pembelajaran, yakni: (1) perencanaan pembelajaran,yang berisikan penentuan tujuan dan cara mencapainya, pengelompokan materi, perencanaan alokasi waktu dan sarpras, dan terakhir perencanaan lembar kegiatan serta lembar penilaian. (2) pelaksanaan pembelajaran yang berisikan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivistik. Dimulai dari pendahuluan, kegiatan inti dan penilaian. (3) penilaian pembelajaran yang dilakukan guru untuk mengukur aspek kognitif, afektif serta psikomotor dengan menggunakan kolom rubrik sikap sosial, sikap spiritual, dan pengetahuan serta kolom rubrik keterampilan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163151 MOHAMMAD FAISOL ROZIQIN |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:05 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 04:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43196 |
Actions (login required)
View Item |